Gubernur Harusnya Lanjutkan Pembangunan Fasilitas Asrama Haji Sumsel

51

Palembang, BP – Asrama Haji Sumatera Selatan (Sumsel) telah  menjadi daerah pertama di Indonesia yang memiliki embarkasi haji terpadu dengan berbagai fasilitas pendukungnya yang lengkap.

Beberapa pembangunan fasilitas haji seperti replika Ka’bah, lintasan sa’i dengan ukuran sebenarnya, dan replika jamarat untuk melontar jumrah dilakukan dan telah diresmikan pada masa pemerintahan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin.

Namun, sayang sekali fasilitas yang sudah dibangun tersebut kurang adanya perhatian lebih dari pemerintah sekarang sehingga membuatnya menjadi tidak terawat.

Hal inipun sangat disayangkan, mengingat fasilitas-fasilitas tersebut sangatlah bermanfaat bagi masyarakat atau pelajar untuk belajar mendalami haji, atau yang akan melakukan manasik haji sebelum menunaikan ibadah haji di kota suci Mekkah.

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Dr. Muhamad Sadi Is, S.H.I., M.H juga mengomentari pemerintah sekarang yang kurang memberikan perhatian lebih dengan asrama haji Sumsel.

Apalagi fasilitas asrama haji Sumsel ini merupakan fasilitas yang memiliki maslahat yang banyak bagi masyarakat dalam rangka memberikan edukasi yang berkaitan dalam pelaksanaan rangkaian ibadah haji.

“Seharusnya Gubernur Sumsel melanjutkan pembangunan miniatur Ka’bah dan Pesawat Haji serta lintasan Sa’i di asrama haji kota Palembang karena akan bermanfaat bagi calon jama’ah haji asal Sumsel kedepannya kelak” ujar Sadi Is.

Sadi Is menjelaskan bahwa fasilitas yang pernah dibangun pada masa Gubernur H. Alex Noerdin tersebut bermanfaat untuk belajar tata cara melaksanakan ibadah haji sebagai bekal kita sampai di tanah suci nanti.

“Sehingga saat sampai sudah paham akan tata caranya sehingga bisa menjadi haji yang mabrur,” sambungnya.

Selain itu, Sadi Is juga mangatakan bahwa manfaat dari fasilitas itu tidak hanya bagi calon jama’ah haji tapi juga dapat dibuka untuk umum seperti untuk pendidikan anak-anak tingkat MI-MAN.

Tak hanya itu, Sadi Is juga menyebutkan banyak manfaat lainnya dengan adanya fasilitas yang memadai di asrama haji Sumsel.

“Dapat juga sebagai tempat wisata religi di Kota Palembang, karena kota Palembang sebagai kota Darussalam,” ungkapnya. #ric