5 Keutamaan Sholat Tahajud, Buat Doamu Terkabul Hingga Dimudahkan Segala Urusan

44

Palembang, BP – Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan di waktu tengah malam hari.

Karena dilakukan di tengah malam hari, maka tidak banyak yang sanggup untuk mengerjakannya.

Oleh sebab itu, tidaklah heran jika banyak keutamaan yang didapatkan oleh seseorang yang melaksanakan ibadah sholat tahajud.

Bahkan, perintah sholat tahajud langsung diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW dalam salah satu firman-Nya.
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya:
“Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS Al-Isra’: 79).

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat malam karena banyaknya keutamaan di dalam sholat malam.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
يَنْزِلُ رَبُّنَا، تَبَارَكَ وَتَعَالَى، كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ، فَيَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ؟ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ
Artinya:
“Tuhan kita, Allah tabaraka wa ta’ala ‘turun’ setiap malam ke langit dunia di saat sepertiga malam akhir. Kemudian Allah berfirman, ‘Barangsiapa berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Barangsiapa meminta kepada-Ku, akan Aku kasih. Barangsiapa meminta ampun kepada-Ku, akan Aku beri ampunan” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Berikut Berita Pagi berikan 5 keutamaan sholat tahajud yang akan kamu dapatkan ketika kamu mengerjakannya.
1. Termasuk Sholat Paling Utama Setalah Sholat Fardhu
Sholat malam atau  sholat tahajud ini ternyata merupakan sholat yang paling utama setelah sholat maktubah atau sholat lima waktu.

Hal ini, sebagaimana tertuang dalam sabda Rasulullah SAW berikut ini:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ
Artinya: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam” (HR Muslim).

2. Sama Seperti Melakukan Sedekah Secara Sirr (diam-diam)
Keutamaan shalat malam jika dibanding dengan shalat siang itu seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).

Bayangkan, perabandingan antara sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan di depan publik dengan sedekah secara sirr ini adalah 70 kali lipat.
Hal ini sebagaimana, Rasulllah SAW bersabda:
فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ
Artinya: “Keutamaan shalat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan” (Hilyatul Auliya’, juz 4, hlm. 167).

3. Ibadahnya Orang-Orang Shalih
Shalat malam ini merupakan ibadah yang menjadi ciri khasnya orang-orang shalih.
Berbeda dari ibadah lain yang biasa dikerjakan orang-orang pada umumnya.
Misalnya saja  sedekah.

Sedekah merupakan ibadah yang baik, namun sedekah biasanya tidak hanya dilakukan oleh orang shalih, preman, bahkan non-Muslim sekali pun, semuanya bisa menjalankan sedekah.

Begitu pula kesetiakawanan, tolong-menolong dan ibadah-ibadah lain, bisa dilakukan siapa pun. Berbeda dari shalat malam, bisa dikatakan hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar shalih. Karena itu bagian dari ibadah yang sulit dikerjakan karena dilaksanakn pada waktu tengah malam.
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ
Artinya: “Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan.” (Sunan At-Tirmidzi: 3549).

4. Terkabulnya Semua Doa
Semua doa kebaikan yang dipanjatkan saat mengerjakan ibadah sholat tahajud akan dikabulkan oleh Allah.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
Artinya: “Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR Muslim).

5. Dipermudah Segala Urusannya
Keutamaan ini pasti sangat diharapkan oleh semua manusia, karena manusia pasti selalu menghadapi cobaan dan permasalahan dalam kehidupan.

Jangan khawatir apabila segala urusan kalian ingin dipermudah Allah SWT.
Maka, lakukan sholat malam atau tahajud karena pada waktu sholat tahajud itu merupakan waktu yang mustajab buat kalian berdoa dan meminta dipermudah segala urusan kalian.

Sebagaimana tertuang dalam hadis qudsi berikut ini:
“Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari 1145).

Itulah 5 keutamaan sholat tahajud yang merupakan sholat malam yang akan membuat kamu mendapatkan banyak keutamaan jika kamu mengerjakannya.

Mulai seakarang, rutinkan diri kamu untuk mengerjakan sholat tahajud agar kamu mendapatkan keutaman-keutamaan di atas. #ric