Polda Gelar Donor Darah HUT Dokkes Polri Dan HUT Bhayangkara Ke-75

16

Palembang, BP – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM, didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Rudi Setiawan Sik SH MH menyambangi gelar acara donor darah di RS Bhayangkara Moh Hasan Palembang,. Donor darah ini dilakukan dalam rangka HUT Biddokkes Polri dan HUT Bhayangkara ke-75 , jatuh1 Juli 2021 serta hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni. Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, hadir untuk meninjau langsung acara donor darah tersebut.

Baca:  19 Personil Polda Sumsel dan Polres Jajaran Raih Penghargaan Kapolda

Pada Kesempatan itu Kapolda menjelaskan donor darah yang dilakukan salah satu bhakti Polri kepada masyarakat. “Ini merupakan bhakti Polri, untuk masyarakat. Kita berharap dengan donor darah yang kita lakukan dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan darah,” katanya, Senin,(146).

Pada kesempatan itu, Kapolda menerima penghargaan dari ketua PMI kota Palembang, Fitrianti Agustinda.

Terpisah ketua PMI kota Palembang, yang juga wakil walikota Fitrianti Aguatinda, mengatakan, ditengah pandemi covid-19, ini kebutuhan darah mengalami peningkatan.
“Kebutuhan darah saat pandemi ini begitu dibutuhkan. Bahkan ditengah pandemi ini ada kenaikan permintaan akan darah. Karena banyak yang membutuhkan,” katanya. Lebih lanjut dia mengungkapkan kebutuhan akan darah cukup tinggi. Dimana kebutuhan akan darah bisa mencapai 7 ribu kantong dalam perbulannya.

Baca:  Polda Sumsel Jadikan Wisma Grand Kemala di Kompleks Pakri Jadi Selter Karantina

Sebelumnya kebutuhan akan darah hanya 5 ribu kantong perbulan. “Jelasnya. Dia juga menghimbau serta mengajak masyarakat agar untuk melakukan donor darah baik ke unit PMI maupun ke gerai-gerai UTD yang ada.

“Silakan datang, karena setetes darah anda sangat berharga bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Dijelaskan hingga saat ini stok darah masih mencukupi. Namun jika tak ada partisipasi dari masyarakat akan menipis.

Baca:  Kunjungan Kapolda Sumsel Ke Muratara, Ingatkan Larangan Tutup Jalan Negara

Sementara itu, Kepala UTD PMI Kota Palembang, dr Silvi, kepada wartawan mengatakan kebutuhan darah ditengah pandemi ini meningkat.

“Kita mengajak masyarakat untuk tak takut melakukan donor darah ditengah pandemi. Karena covid-19 tak akan tertular lewat darah,” jelas dia.

Apalagi sejauh ini pelayanan yang dilakukan juga sesuai dengan standar protokol kesehatan. Sementara itu tercatat sebanyak 150 anggota Polri, mendonorkan darah mereka untuk memenuhi kebutuhan akan darah tukasnya .#osk