Aplikasi Digital Songket Pantau Karhutla di Sumsel

16


Suasana pelatihan operasi songket dan pengukuhan tim drone squade,  Jumat (11/6) bertempat di Ruang Meeting Room dan Lapangan Parkir Hotel Whydham, Opi di Jalan  Gubernur H. Bastari Opi Jakabaring Palembang.(BP/IST)

Palembang, BP- Setelah melaunching aplikasi Digital Songket, yang berguna untuk mendeteksi secara dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  di Sumatera Selatan (Sumsel) di Griya Agung, Palembang, Jumat (7/5) sore lalu , Jumat (11/6) di gelar pelatihan operasi Songket dan pengukuhan tim Drone Squade,  Jumat (11/6) bertempat di Ruang Meeting Room dan Lapangan Parkir Hotel Whydham, Opi di Jalan  Gubernur H. Bastari Opi Jakabaring Palembang.

Pembukaan pelatihan pengukuhan operasi Songket dan pengukuhan Drone Squade (Tim Drone Polda Sumsel) dibuka langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi   dengan jumlah peserta sebanyak 58 orang.

Juga dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof.DR, Eko Indra Heri, S.MM,  Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos.

Turut hadir Gubernur Sumsel yang di Wakili oleh Asisten III  Bidang Administrasi dan Umum Edward Juliarta , Kapok Sahli Brigjen TNI Puji Cahyono, Aster Kasdam II/ Sriwijaya Kol Arh Fitrizal, Kepala Dinas Kominfo, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Pemprov, Kepala Dinas Kehutanan  Sumsel, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Kepala Dinas Pertanian  Sumsel, Kalaksa BPBD Sumsel, Kepala PPI dan Karhutla Sumsel (Manggala Agni), Kepala Telkom, Perwakilan dari Anggota Korem 044/Gapo dan Anggota Kodim 0402/Oki, Dan perwakilan Anggota Jajaran Polda dan Polres.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan dan sekaligus membuka pelatihan mengatakan, pelatihan ini untuk belajar mengenai Karhutla ,  karena dari siklus Karhutla ini seperti gunung merapi yang siklusnya tahunan yang kembali akan terbakar lagi.

“Dengan adanya Aplikasi ini sangat membantu sekali bagi anggota yang berada dilapangan, karena kalau hanya menggunakan kekuatan anggota TNI dan Polri sangat terbatas  kemampuannya, semoga dengan dikukuhkannya tim Drone Squade ini bisa akan mengurangi kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof.DR, Eko Indra Heri, S.MM mengatakan, rapat yang di gelar hari ini adalah menindak lanjuti atas permasalahan kebakaran hutan dan lahan, dengan menggunakan aplikasi yang  di Downlod yang akan di bantu oleh pihak Telkom.

“Yang selama ini kita hanya melihat dari Lancang Kuning saja, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa melihat Karhutla lebih dekat lagi tinggal  Zoom akan bisa kita lihat lebih dekat lagi,”jelasnya.

Kapolda berpesan agar latihan yang di lakukan hari ini  bisa mengurangi Karhutla dan upaya prefentif juga sudah bisa dilakukan.

“Semoga dengan latihan tgim Squade Drone bisa akan menguranginya Karhutla  minimal akan menangkal pembakaran hutan dan lahan yg dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan berkolaborasi dengan beberapa stekholder, saya berharap agar dapat bekerja sama menjaga wilayah Sumsel ini, agar tidak terjadi Karhutla lagi,” katanya.#osk