“Ini Adalah Tahapan Pemilu Yang Terpanjang”

16

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati (BP/Dudy Oskandar)

Palembang, BP- Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum telah menyepakati hari pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 (Pemilu Presiden dan Legislatif) akan jatuh pada Rabu (28/2/2024) sedangkan hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 jatuh pada Rabu (27/11/2024).

Hal itu diputuskan dalam rapat antara Komisi II DPR, pemerintah, serta penyelenggara pemilu yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu pada Kamis (3/6).

Baca:  Sumsel Peringkat Ketiga Angka Kematian Tertinggi Nasional Covid-19

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Hj RA Anita Noeringhati menilai dengan kondisi tersebut artinya itu adalah pemilu Indonesia terpanjang seluruh dunia .

“ Dari persiapan sampai pelaksanaan, itu kalau tidak salah 30 bulan, selama ini khan pelaksanaan pemilu hanya 12 bulan, nah itu apakah harus diperhitungkan sebetulnya over cost dari penyelenggara pemilu juga ,” katanya, Selasa (8/6).

Baca:  DPRD Sumsel Belum Tahu Ada Refocusing Anggaran Lagi

Namun karena hal ini menurut politisi Partai Golkar ini sudah ditetapkan pihaknya sebagai peserta pemilu tentunya harus bersiap-siap, bagaimana para calon anggota legislatif (Caleg) itu sudah ditetapkan di tahun 2023 karena tahun 2022 tahapan pemilu sudah dimulai.

“ Jadi ini adalah tahapan pemilu yang terpanjang,” katanya.#osk