2021 Trend Tanaman Hias Ukuran Jumbo

44

Palembang, BP–Saat ini, tren menanam dan merawat tanaman hias di Indonesia khususnya daerah Palembang, Sumatera Selatan masih menjadi salah satu pilihan utama masyarakat. Kegiatan ini dilakukan berbagai kalangan, baik tua maupun muda.

Banyak orang pada akhirnya memilih menanam tanaman hias demi mempercantik tampilan rumah sekaligus mengisi waktu yang lebih senggang akibat kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Dari informasi yang beritapagi dapatkan, Minggu (6/6). Saat berbincang dengan bapak Icin seorang pemain lama tanaman hias yang memiliki depot tanaman hias di BLK Kenten mengatakan bahwa tahun 2021 ini ada beberapa jenis tanaman hias yang masih menjadi buruan para pencinta tanaman hias, terutama di kota Palembang, Sumatera Selatan.

“Beberapa jenis tanaman yang masih digandrungi masyarakat seperti jenis Aglaonema, Bonsai, Alocasia, Jenis Monstera dan Sirih Gading Jumbo”

Icin mengatakan untuk jenis Aglaonema ada beberapa yang menjadi incaran pencinta tanaman seperti aglaonema Rotundum Aceh yang rimbun, sudah lebih dari 10 daun.

“Memang agak sulit mencari aglaonema Rotundum Aceh yang rimbun dan sehat mengingat perawatannya mesti ekstra sabar untuk menjadi rimbun dan sehat, namun jika sudah rimbun dan sehat harganya cukup mahal”. terang Icin.

Untuk jenis monstera ada beberapa jenis yang menjadi incaran pencinta tanaman hias. Seperti jenis borsigiana masih diburu orang. “Monstera Borsigiana masih diburu orang, namun inilah sifat konsumen, mereka mau cari yang bagus yang sehat dengan harga yang murah, yaa susah dapat nya” kata Icin sambil tertawa.

Jenis Alocasia pun masih menjadi buruan, terutama untuk jenis yang jumbo, seperti alocasia amazonica, alocasia longiloba, alocasia cuprea, alocasia lautherbahiana atau yang sering disebut keris papua. “Alocasia itu batang dan daunnya dapat berukuran lebih dari 50 cm, mungkin itulah yang menjadi daya tarik nya, terlihat gagah dan unik saat di pajang di depan rumah”. terang Ichin.

Sementara itu bapak Hanung pemilik depot tanaman hias di jalan Demang Lebar Daun depan perpustakaan daerah Sumsel, saat di hubungi mengatakan bahwa trend tanaman hias saat ini agak ke ukuran jumbo, masyarakat pencinta tanaman banyak mencari jenis tanaman hias yang berukuran besar, seperti jenis monstera borsigiana, alocasia amazonica, jenis anthurium, sirih gading jumbo.

“Banyak yang mampir ke depot menanyakan jenis tanaman yang besar-besar, mungkin karena terlihat gagah jadi kesannya unik kalau ditaruh di depan rumah dengan pot yang cantik”. terang Hanung.

Ditambahkannya untuk sirih gading jumbo dan alocasia amazonica banyak penggemar tanaman yang menanyakan tanaman tersebut. “Memang terlihat indah dan gagah jika sudah dalam pot, daunnya dapat berukuran setengah meter lebih dan indah sekali kalau ditaruh didepan rumah, banyak yang menanyakan amazonica, sirih gading jumbo dan jenis anthurium”. pungkasnya.

Selain itu jenis bonsai juga masih terus digandrungi masyarakat pencinta tanaman hias. “Untuk jenis bonsai kelapa dan bonsai anthurium banyak penggemarnya, kesan unik dengan lekukan-lekukan alami itu yang membuat nya terlihat cantik”. terang Hanung. #osk