Pemkab OKU MoU Dengan IPB

16

Baturaja, BP – Plh Bupati OKU Edward Candra, menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama (MOU) Dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor Jumat (4/6/2021).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh PLH Bupati OKU Edward Candra bersama Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si, serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Teddy Meilwansyah, dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Prof. Dr. Ir. R. Nunung Nuryartono, M.Si,

MoU antara Pemkab OKU dan IPB salah satu ruang lingkupnya adalah Pendidikan, maka sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut, dibuat Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten OKU dan IPB, untuk Pelaksanaan Kegiatan workshop/Pelatihan langsung Ke IPB bagi 50 Orang yang terpilih yang diharapkan mengimbaskan hasil dari workshop/pelatihan tersebut ke Lembaga PAUD lainnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Institut Pertanian Bogor tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam Rangka Pembangunan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Institut Pertanian Bogor tentang Penyelenggaraan Seminar dan Pelatihan untuk Guru Paud.

Dalam sambutannya, Rektor IPB menyampaikan, sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan antara Pemerintah Kabupaten OKU dengan IPB, Kerjasama dengan pemerintah daerah diperlukan agar proses transformasi melalui transfer pengetahuan dan inovasi dalam teknologi pertanian, peternakan, serta perikanan bisa berjalan lebih efektif. “Pemerintah daerah memiliki dukungan tenaga penyuluh memadai dan hubungannya paling dekat dengan petani dan peternak,” katanya.

Hal ini kata dia, akan memudahkan penumbuhan klaster pendampingan di daerah mulai dari pengembangan klinik tanaman hingga peningkatan produksi pertanian.

“Kegiatan kerjasama IPB melalui FEM dan LPPM IPB dengan Pemerintah Kabupaten OKU dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yaitu program pencegahan stunting, seminar internasional Paud Klinik tanaman, budidaya perikanan darat, pengembangan hasil pertanian dan teknologi pertanian,” tutupnya.

Sementara itu Plh Bupati OKU Edward Chandra mengucapkan terima kasih atas MoU yang sudah ditandatangani. “Ini merupakan hal yang baik untuk bisa bekerjasama dengan IPB,” katanya singkat. #yan