Erick Thohir Angkat Abdee Negara Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Alasannya

48

Abdee Slank (BP/IST)Palembang, BP-Alasan pengangkatan Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank jadi komisaris PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) akhirnya terungkap.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, pengalaman Abdee di dunia musik sejalan dengan core business Telkom. Salah satunya adalah penguatan konten. Hal ini dinilai sejalan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.
“Kita tahu Telkom itu masih belum kuat kontennya. Pak Erick dorong Telkom agar masuk ke konten. Nantinya Abdi ini akan bantu supaya Telkom ini kuat di konten yang dijual ke publik,” ujar Arya saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5).

Pemegang saham mencatat, pengalaman bermusik Abdee menjadi modal besar untuk pengembangan bisnis telkom kedepannya. Sebab, konten menjadi hal fundamental dalam bisnis di era digital atau 4.0.

“Kita membutuhkan orang seperti beliau (Abdee) yang punya visi jauh ke depan di era industri 4.0 untuk pengembangan Telkom,” katanya.
Nama Abdee terbilang baru di dunia birokrasi pemerintahan, hal ini berbeda dengan dunia musik, dimana, namanya cukup dikenal luas di Indonesia.

Dia adalah pemain gitaris dari band Slank. Dalam menjalankan profesinya di dunia hiburan Tanah Air, Abdee banyak menciptakan lagu sekaligus memproduseri beberapa album hits Slank.

Lelaki kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah itu mengawali karier musiknya dengan bergabung di sejumlah band Tanah Air. Misalnya, Flash, Interview, dan Enemest.

Di luar musik, Abdee menjadi pendukung dan relawan Joko Widodo sejak Pemilu 2014. Bahkan sempat disebut-sebut menjadi salah satu pilihan Jokowi untuk memegang sebuah jabatan di bidang industri kreatif.#osk

Berikut jajaran pengurus Telkom:
Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Bambang Brodjonegoro
Komisaris Independen: Wawan Irawan
Komisaris Independen: Bono Daru Adji
Komisaris Independen: Abdi Negara Nurdin
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Rizal Mallarengeng
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Arya Sinulingga

Dewan Direksi
Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setyawan Wijaya
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Heri Supriadi
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Wholesale & International Service: Bogi Witjaksono
Direktur Digital Business: Muhamad Fajrin Rasyid
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R

Sementara itu, pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai, pengangkatan musisi Abdee “Slank” sebagai komisaris PT Telkom Indonesia merupakan bagian dari praktik bagi-bagi kue untuk relawan pendukung Presiden Joko Widodo selama masa kampanye.

“Itu menurut saya tak lebih daripada bagi-bagi kue saja. Jadi memang itu kebijakan kontraproduktif menurut saya,” kata Trubus, Sabtu (29/5/21). #