CPI Soekarnois Sejati Selalu Dukung Kemerdekaan Palestina

44

Palembang, BP- Sebelum Indonesia Merdeka Mufti Besar Palestina, Pasa Tahun 1944 Syaikh Amin Al-Husaini secara terbuka mengumumkan dukungannya atas kemerdekaan Indonesia via Radio Berlin berbahasa Arab.

Berita yang disiarkan melalui radio tersebut terus disebarluaskan selama 2 hari berturut-turut. Setahun setelah Kemerdekaan Indonesia yang masih memerlukan pengakuan oleh negara lain maka Syaikh Amin Al-Husaini mendesak negara timur tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Pada saat Indonesia sedang berjuang kembali untuk mempertahankan Kemerdekaan dari serbuan tentara Belanda maka Pengusaha terkaya di Palestina Ali Thahir menyumbangkan hartanya untuk Indonesia.

Baca:  CPI Rilis Program Makanan Kucing Gratis

Jasa Palestina tersebut tidak serta merta dilupakan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir.Soekarno.

Hal ini terbukti bagaimana beliau menolak pendudukan oleh orang-orang Israel atas tanah Palestina yang dimulai semenjak tahun 1947. Beliau memprakasai Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955 yang mengnasilkan Dasa Sila Bandung.

Pada intinya KAA menjadi momentum Indonesia dimata Dunia terkait penentangan Indonesia atas pendudukan oleh Israel. Bung Karno pernah mengatakan “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang palestina, maka selama itulah,bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel!” Sikap Bung Karno sangat tegas terutama saat babak terakhir Kualifikasi Piala Dunia 1958, Indonesia harus berhadapan dengan Israel tetapi karena kepedulian Indonesia kepada rakyat Palestina justru Indonesia mengundurkan diri dari pertandingan tersebut padahal jika Indonesia menanh maka akan masuk ke Putaran Final Piala Dunia. Lanjut pada Tahun 1962 Bung Karno secara tegas menolak kontingen asal Israel untuk datang ke Jakarta mengikuti Asian Games.

Baca:  CPI dan KMBP Kagetkan Warga Dengan Sesar

Dengan sebab itu maka Organisasi Masyarakat (Ormas) Cakrawala Perjuangan Indonesia (CPI) selalu menyerukan para pemuda untuk senantiasa mengingat bagaimana perjuangan orang Palestina untuk membantu kemerdekaan Indonesia.

Kgs. Ilham Akbar selaku Ketua Umum CPI mengatakan, sangat sedih jika ada pihak-pihak dari anak bangsa yang justru tidak memiliki keprihatinan untuk Palestina. Menurutnya itu sama saja tidak mengikuti Presiden Soerkano yang sangat kokoh menentang penjajahan atas tanah Palestina. “Soekarnois sejati selalu mendukung kemerdekaan atas Bangsa Palestina dan kalau tidak bisa membantu dengan harta minimal doa bukan malah mencela,” katanya, Jumat (21/5).#osk