Langgar Prokes, Cafe Dipaksa Tutup

8


Satuan Polisi Pamong Praja (Sat PolPP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan Patroli  untuk melihat penerapan PPKM Skala Mikro di Provinsi Sumsel tersebut dilakukan di Mall-Mall dan Cafe-Cafe, Selasa (18/5)  sekitar Pukul 21.00.(BP/IST)

Palembang, BP- Satuan Polisi Pamong Praja (Sat PolPP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan Patroli  untuk melihat penerapan PPKM Skala Mikro di Provinsi Sumsel tersebut dilakukan di Mall-Mall dan Cafe-Cafe, Selasa (18/5)  sekitar Pukul 21.00.

Kepala Sat PolPP Provinsi Sumsel, Aris Saputra mengatakan, pertama pihaknya menuju Palembang Icon (PI) Mall dan dilanjutkan ke Palembang Square (PS) Mall.
dimana kedua Mall kooperatif karena begitu pukul 21.00 mall sudah tutup dan pengunjung sudah disuruh keluar.

Aris mengatakan, setalah melakukan patroli Penerapan PPKM ke Mall-Mall tersebut pihaknya melanjutkan ke Cafe-Cafe seperti Cafe Sport Station, Cafe Tedu dan Cafe pinggir jalan yang ada di Jalan Jendral Sudirman (Seberang Masjid Agung).

“Untuk Cafe-Cafe tadi kita suruh tutup dan membubarkan para pengunjung karena sudah tidak mematuhi aturan PPKM yaitu hanya beroperasional sampai dengan Pukul 21.00 WIB, tidak menerapkan Prokes seperti satu meja yang seharusnya diisi 2 orang diisi 4, 6 dan 8 orang,” katanya.

Diungkapkannya, selain melakukan penutupan dan pembubaran pengunjung cafe yang tidak mematuhi jam operasional tersebut, pihaknya juga memberikan sanksi bagi para pengunjung yang tidak menggunakan masker.

“Para pengunjung yang tidak menggunakan masker kita berikan sanksi squat jump, push up, menyanyikan lagu dan menyatakan pernyataan diri untuk memakai masker dimanapun mereka berada setelah itu kita berikan masker,” katanya.

Aris menambahkan, setelah ini jika masih ada mall dan cafe yang tidak mengikuti aturan seperti jam operasional maka akan diberikan sanksi yang tegas sesuai dengan aturan yang berlaku dan berikan peringatan-peringatan secara bertahap.

“Tapi saya yakini besok akan lebih tertib lagi karena pernyataan dan cooperatifnya tadi mereka. Dan kita berdoa mudah-mudahan Kota Palembang khususnya dan Provinsi Sumsel pada umumnya, kondisi zona merah ini akan terus turun ke zona kuning, orange dan hijau,” kata Aris.#osk