Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang Laksanakan Shalat Idul Fitri di Rumah Pribadi

18

Suasana  pelaksanaan Sholat Ied Idul Fitri 1442 H di Masjid SMB I Jayo Wikramo (Masjid Agung) Palembang, Kamis (13/5).(BP/IST)

Palembang, BP--Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H  Herman Deru dan Walikota Palembang melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah pribadinya di Jalan Taman Kenten, Kota Palembang, Kamis (13/5).

Herman Deru shalat bersama dengan sang istri, anak, menantu beserta cucu.

“Saya berterima kasih masyarakat memproteksi diri masing-masing dengan cara salat di rumah dan tidak membuat kerumunan massa,” ujarnya sebelum Salat Ied, Kamis (13/5).

Dia mengatakan, tidak melakukan open house seperti lebaran Idul Fitri beberapa tahun sebelumnya. Silaturahmi keluarga dilakukan secara virtual.

“Untuk open house cukup keluarga terdekat. Manfaatkan teknologi karena silaturahmi bisa dilakukan virtual,” katanya.

Baca:  Muhammadiyah Tetapkan Puasa Ramadan 6 Mei

Dia berharap salat ied merupakan salat yang digelar secara terbatas untuk terakhir kalinya.

“Semoga segera terjadi pemulihan dan masyarakat bisa terbebas dari berbagai wabah dan penyakit,” harapnya.

Sedangkan Walikota Palembang H Harnojoyo melaksanakan Sgalat Idul Fitri 1442 H di rumah kediaman pribadinya di kawasan Musi II Palembang.

Shalat Idul Fitri diimami langsung oleh Harnojoyo dan jemaahnya hanya keluarga inti.

Harnojoyo mengatakan, pelaksanaan salat Ied dilaksanakan di rumah masing-masing mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi serta Kota Palembang dalam zona merah.

“Kepada seluruh masyarakat Palembang, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semoga kita bisa kembali memenuhi masjid di tahun-tahun berikutnya,” kata Harno.

Baca:  Politisi PKS Minta Walikota Tinjau Ulang Larangan Shalat Ied di Masjid

Dikatakan, Harno juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Palembang. Mulai dari kesadaran untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Sementara itu pelaksanaan Sholat Ied Idul Fitri 1442 H di Kota Palembang tetap berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya di Masjid SMB I Jayo Wikramo (Masjid Agung) Palembang.

Masjid terbesar di Kota Palembang ini melaksanakan Sholat Ied dengan mempercepat waktu pelaksanaan yakni pukul 06.00 . Bahkan Sholat Ied Khutbah pun dilakukan dengan singkat.

Sebab, pukul 6.30 para jamaah Sholat Ied sudah pulang kerumah masing-masing. Dari pengamatan, jamaah hanya sholat di dalam ruangan Masjid dan tidak sampai ke halaman masjid.

Baca:  31 Mei dan 10 Juni Bolos Kerja, Sanksi Gaji Ditunda Berkala

“Sudah selesai, tadi cepat sholatnya khutbah singkat. Sekitar pukul 06.00  sudah mulai, mungkin tadi hanya 10 menit,” kata Dimas salah satu jamaah yang usai melaksanakan sholat ied, Kamis (13/5).

Selain Masjid Agung Palembang, Sholat Ied juga dilakukan hampir di seluruh masjid di Kota Palembang.

Namun Sholat Ied tahun ini benar-benar terbatas dan penerapan protokol kesehatan dijaga ketat. Bahkan sejumlah perugas baik itu dari TNI-Polri dan lainnya melakukan pengawasan secara ketat.#osk