Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Masuknya WNA Dinilai Tak Beretika, DPRD Sumsel Sebut Pemerintah Inkonsisten

Mgs Syaiful Padli (BP/IST)

Palembang, BP–Kebijakan pemerintah yang mengijinkan ratusan warga negara asing (WNA) masuk sejumlah wilayah ditanah air, mendapat protes dari masyarakat, bahkan tidak sedikit yang menilainya sebagai tindakan yang tidak beretika.

Wakil Ketua Komisi V DPRDSumsel, Mgs H Syaiful Fadli, Senin (10/5) mengatakan, kebijakan pemerintah yang mengijinkan WNA masuk ke tanah air, adalah kebijakan yang tidak populis dan menunjukkaninkonsistensi dari pemerintah, terhadap kebijakan yang dia buat sendiri.

“Untuk memutus rantai pendemi, pemerintah telah melarang warga mudik dan menemui orang tuanya di kampung. Tetapi pemerintah sendiri justru menginjinkan WNA masuk tanah air. Dan menurut informasi para WNA ini akan disebar diseluruh tanah air, dan tidak menutup kemungkinan akan masuk sumsel juga,” kata Syaiful sembari mengatakan dengan mengizinkan WNA ke tanah air,  itu sama artinya pemerintah membuka peluang seluas-luasnyabagi virus untukmenyebar ditanah air. Apalagi pengawasan di bandara itu tidak begitu ketat.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Muhammad Toha, Anggota Fraksi PKS DPRD Sumsel.

Baca:  DPRD Sumsel Segera Bahas APBD Induk Sumsel TA 2022

“Secara hukum, masuknya WNA ini mungkin tidak menyalahi aturan. Akan tetapi secara etika, kebijakan ataupun aktifitas itu sangat tidak beretika. Karena disaat seluruh masyarakat diminta untuk berjibaku melawan penyebaran covid, sampai merelakan waktu untuk kumpul keluarga yang telah ditunggung-tunggu sejak setahun yang lalu, terpaksa dibatalkan. Tetapi dengan sangat santai pemerintah justru memasukkan ratusan orang asing kedalam negeri. Menurut saya ini sangat melukai hati rakyat,” ujarnya.

Baca:  HUT Provinsi Sumsel Ke-75 Harus Jadi Momentum Untuk Evaluasi

Harusnya, menurutnya pemerintah bisa membuat kebijakan yang lebih menenangkan dan tidak menimbulkan kontradiktif dimasyarakat. Kalaupun WNA itu harus masuk tanah air, maka pemerintah bisa sedikit bersabar untuk memasukkan, paling tidak setelah masa larangan mudik berakhir. Atau akan lebih baik lagi bila WNA itu baru boleh masuk setelah vandemi berakhir.

Yang lebih menyakitkan lagi, WNA yang masuk berasal dari beberapa negara yang vandemi covidnya masih tinggi. Hal ini sangat kontradiktif dengan apa yang dikatakan pemerintah untuk memerangi pandemi.

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...