Palembang Zona Merah Covid-19, Kambang Iwak, BKB dan Taman Kelengkeng Ditutup

33

Sejumlah banner penutupan dari semua akvitas tersebut dipasang di area yang biasanya menjadi pusat olahraga, jajanan dan berkreasi warga Kota Palembang tersebut.(BP/IST)

Palembang, BP– Kota Palembang saat ini masih berstatus zona merah risiko penularan Covid-19. Beberapa tempat umum yang ada di kota Palembang ditutup  seperti Kambang Iwak (KI), Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) dan Taman Kelengkeng.

Sejumlah banner penutupan dari semua akvitas tersebut dipasang di area yang biasanya menjadi pusat olahraga, jajanan dan berkreasi warga Kota Palembang tersebut.

Tidak hanya itu, beberapa anggota Satpol PP Kota Palembang juga berjaga di beberapa titik keramaian.

Walaupun demikian masih ada sebagian warga yang melakukan aktivitas seperti Olahraga, bersantai dan rekreasi bersama keluarga di sekitaran Kambang Iwak Park.

Selain itu, beberapa pedagang kaki lima masih menjual dan menawarkan jasanya meskipun sudah ada larangan yang dibuat oleh pemerintah Kota Palembang.

Baca:  Update COVID-19 Muba: Bertambah 3 Kasus Positif

Kepala Satpol PP kota Palembang, GA Putra Jaya mengatakan penutupan area tersebut sudah berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 44 Tahun 2002 tentang Ketertiban umum dan ketentraman Masyarakat, dengan larangan aktivitas Pedagang Kaki Lima.

Selain itu, penutupan juga mengingat pengendalian Covid-19 masih terus dilakukan, karena Palembang yang masih berstatus zona merah.

Hal tersebut juga bentuk implementasi dari Peraturan Walikota Palembang Nomor 27 Tahun 2020 tentang larangan mengadakan kerumuman di tempat fasilitas umum selama pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan setiap hari, terutama pada jam-jam ramai saat pagi dan sore hari.

Baca:  Aliansi Garda Sriwijaya Gelar Aksi Kreatif #PalembangZonaMerah

“Iya setiap hari kita akan hunting atau berkeliling secaea mobile di fasiltas umum yang terjadinya keramaian,” ujarnya.

Penutupan kawasan yang menjadi pusat keramaian di Kota Palembang tidak hanya dilakukan di kawasan Kambang Iwak Park.

Penutupan juga berlaku untuk kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) dan Taman Kelengkeng Sukarami .

Kepala Satpol PP kota Palembang, GA Putra Jaya mengatakan sudah ada pemasangan banner yang melarang semua aktivitas termasuk pedagang kaki lima.

“Selain di KI, kita juga menutup kawasan BKB dan Taman Kelengkeng, yang selama ini banyak pedagang kaki lima dan warga yang ramai melakukan aktivitas disana,” katanya, Minggu (2/5).

Menurutnya, penutupan tersebut sudah berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 44 Tahun 2002 tentang Ketertiban umum dan ketentraman Masyarakat, dengan larangan aktivitas Pedagang Kaki Lima.

Baca:  Dinilai Gagal Lindungi Masyarat Dari Covid-19, Walikota Palembang Raih Penghargaan dari JCMP

Selain itu, mengingat pengendalian Covid-19 masih terus dilakukan, karena Palembang yang masih berstatus zona merah.

Hal tersebut juga bentuk implementasi dari Peraturan Walikota Palembang Nomor 27 Tahun 2020 tentang larangan mengadakan kerumuman di tempat fasilitas umum selama pandemi Covid-19.

Untuk terus mengawasi lokasi penutupan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan setiap hari, terutama pada jam-jam ramai saat pagi dan sore hari.

“Iya setiap hari kita akan hunting atau berkeliling secaea mobile di fasiltas umum yang terjadinya keramaian,” katanya.#osk