Lestari Moerdijat: Kasus Covid 19 Meningkat, Masyarakat Harus Waspada

36

Lestari Moerdijat

Jakarta, BP–Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat minta masyarakat mewaspadai peningkatan sejumlah indikator sebaran Covid-19, dengan meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

“Kondisi ini harus disikapi dengan serius oleh pemangku kepentingan dan masyarakat,” ujar Lestari di Jakarta, Jumat (30/4).

Data Satgas Penanganan Covid-19 mencatat tren
kematian yang turun cukup konsisten sejak akhir Januari 2021 hingga awal Maret 2021, sampai di bawah 100 orang per hari di awal April 2021. Namun, Kamis (29/4) lonjakan angka kematian mencapai 218 orang.

Baca:  Anggota MPR Dukung Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Selain itu, kata Lestari, tren penambahan kasus Covid-19 harian pun menghadirkan catatan warna kuning.

Tren penurunan kasus yang sudah berlangsung sejak akhir Januari 2021 sampai akhir Maret 2021 terhenti. Tren kasus harian terlihat kembali menanjak dalam satu bulan terakhir.
Kamis (29/4) dilaporkan 5.833 kasus baru. Padahal sepanjang pekan lalu penambahan kasus harian 5.406 kasus per hari.
Sepekan sebelumnya antara 12-18 April 2021 tercatat 5.336 kasus per hari dan sepekan sebelumnya tercatat 4.677 kasus per hari.

Baca:  Jazilul Fawaid: MPR Optimis Dapat Kembalikan PPHN Melalui Amandemen Terbatas

Data Satgas Penanggulangan Covid-19 itu, lanjut dia, memperlihatkan sejak awal April 2021 hingga akhir April 2021 tren penambahan kasus positif Covid-19.

Menurut Lestari, data tersebut, menunjukkan bahwa tren kasus Covid-19 di Indonesia konsisten meningkat dari pekan ke pekan terakhir.

Dikatakan, kondisi sebaran Covid-19 itu harus dicermati semua pihak. Pemangku kepentingan, harus memastikan kebijakan yang dibuat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.
Efektivitas testing, tracing dan treatments (3T) harus ditingkatkan, agar kecepatan penambahan kasus bisa ditekan.

Baca:  Perbaikan PP Tentang Standar Pendidikan Nasional Harus Segera Direalisasikan

Sedangkan masyarakat, harus meningkatkan kewaspadaan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Bila masih ada yang berniat mudik, saya sarankan, untuk berpikir ulang, mengingat tren penyebaran Covid-19 menunjukkan peningkatan,” paparnya.#duk