Kasdam II Sriwijaya Cek Kesiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha

37

Palembang, BP- Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni, mengecek kesiapan pasukan yang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia Batalyon Infanteri (Yonif) 144/Jaya Yudha, di Lapangan Hitam Markas Yonif 144/JY  di Jalan Lintas Curup – Kapahiang Kelurahan Air Putih Baru Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Selasa (27/4).

Kegiatan pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 144/JY, baik personel maupun materiil yang akan digunakan dalam tugas operasi menjaga dan mengamankan perbatasan negara di wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca:  Tak Laksanakan Kewajiban, Manajemen SSC Diambil Alih

Selain mengecek kesiapan personel dan alat perlengkapan, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni yang didampingi oleh Asops Kasdam II/Swj, Aslog Kasdam II/Swj, Kasrem 041/Gamas, Danbrig 8/GC dan Dandim 0409/RL, juga menerima paparan terkait situasi dan kondisi wilayah yang menjadi daerah Operasi dari Danyonif 144/JY Letkol Inf Andre Suratman selaku Dansatgas Pamtas RI-Malaysia.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj dalam arahannya menyampaikan beberapa penekanan yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas.

Kasdam mengaku optimis bahwa Satgas Yonif 144/JY akan melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil dalam menjaga kedaulatan negara di wilayah perbatasan.

Baca:  Pangdam II/Swj Periksa Kesiapan Operasi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200/BN

“Kami percaya kalian sanggup membawa Panji Negara sebagai pasukan andalan Kodam II/Sriwijaya dan membawa nama baik dari Jaya Yudha”, ungkap Kasdam.

“Luruskan niat dalam bertugas dan harus banyak bersyukur, sehingga kita akan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Dan kunci dari keberhasilan dalam penugasan adalah Baik-baik Dengan Rakyat”, tegas Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Kegiatan Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Yonif 144/JY oleh Kasdam II/Sriwijaya dalam Rangka Penugasan di Wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat ini merupakan pemeriksaan pendahuluan dari Kodam II/Sriwijaya sebelum pemeriksaan dari Tim Mabesad yang dijadwalkan besok hari tanggal 28 April 2021.

Baca:  Syukuran Peringatan HUT Ke 59 Kowad dan Peringatan Ke 92 Hari Ibu Di Kodam II Sriwijaya Khidmat

Sebanyak 450 Prajurit Yonif 144/JY yang dikomandani oleh Letkol Inf Andre Suratman, dilibatkan dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia ini.

Sebelumnya pada pertengahan bulan Maret 2021 lalu, Satgas Yonif 144/JY telah melaksanakan latihan pratugas selama 12 hari, dari tanggal 12 April sampai dengan 23 April 2021, dengan mengambil wilayah Latihan di wilayah Curup Kompleks, Kab. Rejang Lebong Provinsi  Bengkulu.#osk