Ultimate magazine theme for WordPress.

Pansus IV DPRD Sumsel Prihatin, Kini Kedalaman Sungai  Musi Hanya 4-6 Meter

H. Subhan, SE (BP/IST)

Palembang, BP- Panitia Khusus (Pansus) IV  DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) merasa sangat prihatin dengan pendangkalan di alur Sungai Musi mencapai 0,6 meter per tahun.

“Kondisi existing dengan kedalaman Sungai Musi yang hanya berkisar antara 4-6 meter bakal menyulitkan untuk shipping out. Minim kedalaman yang ideal agar proses shipping out berjalan lancar antara 8-9 meter,” kata Juru bicara Pansus IV ,  H. Subhan, SE  dalam rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda Laporan Hasil Penelitian dan Pembahasan Pansus DPRD Sumsel, terhadap LKPJ Gubernur tahun 2020, Senin (26/4).

Baca:  Ketua DPRD Sumsel Apresiasi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di SMAN I Kayu Agung

Karena hal tersebut  menurut subhan, PSDA Provinsi Sumatera Selatan harus melaksanakan kembali Program Pengerukan Sungai Musi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, terutama Balai Sungai Sumatera Selatan.

Selain itu Pansus IV juga prihatin terhadap masih banyaknya titik-titik rawan banjir sebagai akibat pendangkalan sungai, fibrasi sungai di beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Sumatera Selatan, untuk itu perlu disikapi dengan program penanganan banjir yang berkelanjutan baik dengan pengerukan DAS, normalisasi DAS, maupun pembangunan sarana prasarana pengendalian banjir (drainase di Kabupaten/Kota).

Baca:  Ketua DPRD Sumsel Dukung PTM Untuk Daerah yang Tidak Diberlakukan PPKM Level 4

Untuk itu menurutnya perlu lebih meningkatkan koordinasi dengan istansi vertikal yaitu Balai Besar Sungai Sumatera dalam rangka penangan banjir serta peningkatan sistem pengairan di sebagian wilayah Sumatera Selatan .

“Untuk optimalisasi/penguatan sektor pertanian maka dibutuhkan irigasi yang optimal dalam rangka menuju ketahanan pangan,” katanya.#osk

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...