Satukan 52 Paguyuban, PNSB Cerminkan Kebhinekaan

53

Pelantikan pengurus PNSB Kota Palembang 2021-2026, Jumat (23/4/2021).

Palembang, BP–Memiliki jumlah penduduk tertinggi di Sumatera Selatan dengan beragam suku, mungkin saja Persaudaraan Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) Kota Palembang menjadi stabilitator perbedaan pendapat yang bisa menyebabkan konflik.

Ketua Umum DPP Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) Syahrial Oesman mengatakan, Kota Palembang memiliki jumlah penduduk terbesar di Sumsel dengan heterogenitas yang sangat sensitif. Sehingga keharmonisan semua suku harus tetap dijaga.

“Di Kota Palembang semua suku ada di sini. Maka didahulukan untuk pelantikan pengurus PNSB Kota Palembang agar bisa menjadi stabilitator jika ada perbedaan pendapat suku, agama atau lainnya sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” katanya usai pelantikan pengurus PNSB Kota Palembang 2021-2026, Jumat (23/4/2021).

Baca:  Kemenpolhukam RI Minta CPI Terus Tebar Manfaat

Syahrial mengatakan, PNSB menyelaraskan program kerja pemerintah setempat. Dengan konsen program kerja PNSB untuk masyarakat dan non politik. Mengingat, semua lapisan suku, agama dan budaya terhimpun dalam kepengurusan PNSB.

“Tugas kami hanya membantu pemerintah untuk menjaga kondisi zero Konflik. Selain itu, mendukung kegiatan lebih kemasyarakatan bukan politik, seperti dalam hal ekonomi, bisnis, kesehatan, pendidikan dan lainnya,” katanya.

Baca:  Kepengurusan BMKM Sumsel Dinilai Tidak Sah

Selanjutnya, PNSB juga akan menyasar Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Pali, dan Musi Rawas. “Segera ini juga akan kita lantik kepengurusannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua PNSB Kota Palembang Hadi Prayogo mengatakan, dengan pengurus baru pihaknya konsen membuat program yang produktif untuk kemasyarakatan.

“Ada 52 Paguyuban dan keagamaan yang tergabung dalam kepengurusan. Kami siap bersinergi mensukseskan Pemerintah Kota Palembang. Misalnya, kami siap membantu bila ada musibah atau kegiatan masyarakat lainnya,” katanya.

Baca:  22 Ormas Peringatkan KPU dan Panwaslu

Di tempat yang sama, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan Pemkot Palembang mengapresiasi terbentuknya kepengurusan PNSB Kota Palembang.

“Kami mendukung untuk semua kegiatan yang mereka komitmen untuk merajut kebersamaan. Pesan kami untuk program kerja dalam waktu dekat tak harus muluk-muluk dengan lebih mengedepankan potensi yang ada di setiap paguyuban saja. Mari kita sama-sama menjaga zero Konflik di Kota Palembang,” katanya. #pit