Budiarto  Marsul Apresiasi Pendirian Kampus IPDN di Pagaralam

45


H Budiarto Marsul(BP/IST)

Palembang, BP-Usulan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru untuk membangun kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di wilayahnya disetujui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. IPDN Cabang Sumsel itu akan menampung mahasiswa asal Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Mantan Wakil Walikota Pagaralam yang kini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumsel H Budiarto Marsul mengapresiasi hal tersebut.

“ Kita memberikan dukungan bahwa itu sangat  penting dan ini betul-betul satu terobosan baik bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kalau memang IPDN ditempatkan di Pagaralam,” kata anggota Komisi I DPRD Sumsel ini ketika ditemui di DPRD Sumsel, Rabu (21/4).

Baca:  Jelang Idul Fitri 2021, Komisi IV DPRD Sumsel Akan Bahas Persiapan Angkutan Barang

Hal ini menurut tokoh masyarakat  Pagaralam ini akan membuat kota Pagaralam makin cepat berkembang karena banyak orang akan berkunjung ke kota Pagaralam dan akan bersekolah di kota Pagaralam.

“ Alam yang sangat cocok untuk pendidikan disitu, udaranya baik, bagus , sejuk dan mempunyai sejarah pendidikan yang cukup panjang di Pagaralam,  itu sebabnya pendidikan perwira-perwira militer pernah di Pagaralam, ini saya kira sumber daya aparatur pemerintah pamong praja itu berharap betul-betul ada di Pagaralam ini nanti,” katanya.

Baca:  Komisi I DPRD Sumsel Sebut Banyak Aset Pemprov  Sumsel Bermasalah

Dengan demikian maka pariwisata di Pagaralam akan berkembang  , PAD akan meningkat dan memacu semakin tinggi semangat masyarakat Pagaralam dan sekitarnya  untuk mengikuti pendidikan tinggi.

“ Tentu semangatnya akan tinggi juga  untuk masuk ke sekolah itu, “ katanya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Walikota Pagaralam, Gubernur Sumsel  dan Mendagri atas prakarsa dan gagasan ini.

Baca:  Belasan Massa Brikade 98 Demo di DPRD Sumsel

“ Kita berharap pak Walikota  betul-betul menyiapkan lahannya dan segala sesuatu yang diperlukan untuk terwujudnya  IPDN tersebut, saya kira semangat Gubernur sudah sangat  tinggi dan di respon positip oleh Mendagri, tinggal kita berharap dalam waktu dekat ini ada realisasi  fisiknya, karena ini betul-betul di harapkan oleh masyarakat,” katanya.#osk