3 Begal di BKB Ditembak Polisi

56

Empat dari 20 pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di pelataran Benteng Kuto Besak, Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang diringkus Unit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang, Senin (19/04) malam pimpinan  Kasubnit Opsnal Ranmor Ipda Jhony Palapa.(BP/IST)

Palembang, BP- Empat dari 20 pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di pelataran Benteng Kuto Besak, Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang diringkus Unit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang, Senin (19/04) malam pimpinan  Kasubnit Opsnal Ranmor Ipda Jhony Palapa.

Lantaran kabur saat ditangkap tiga pelaku terpaksa di tembak polisi di kakinya.

Keempatnya adalah M Rifki (21), warga Lorong Kencana Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, M Adha Riduansyah (21), warga Rusun Blok 50, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, M Amirul Maulana (18), warga Sungai Tawar 3, Gang Taqwa, 9 Ilir, dan remaja inisial Iip.

Keempat tersangka dan puluhan rekannya merampas bersenjata celurit merampas barang berharga milik korban MH (17), pelajar SMA, warga Jalan Bendungan, Kecamatan Ilir Timur III.

Baca:  Kepala Ditodong Pistol, Motor Dirampas

Kejadiannya, Minggu (18/4), sekitar pukul 06.15 . Berawal ketika korban dan temannya dengan mengendarai sepeda motor masing-masing datang untuk nongkrong di TKP.

“Tidak lama kemudian korban dan temannya melihat ada perkelahian, dan mereka memutuskan pulang,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi, di ruang kerjanya, Selasa (20/4).

Namun saat melintas di depan keramaian tersebut, kata Tri, tiba-tiba para pelaku menghadang sepeda motor korban dan tannya, lalu langsung memukul hingga mereka jatuh dari motor.

Baca:  Dalang Pembegalan Mobil Pajero Sport Ngaku Polisi di Palembang Ditangkap Polisi

“Saat itulah pelaku mengeluarkan celurit dan mengambil ponsel dan dompet korban. Setelah itu, para pelaku kabur,” ujarnya.

Saat ini, keempat pelaku masih dalam pemeriksaan intensif guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut. “Masih terus dikembangkan untuk mengungkap pelaku lainnya,” katanya.

Kasubnit Opsnal Ranmor Ipda Jhony Palapa, mengatakan, atas kejadian ini korban MH mengalami luka lecet pada hidung mengeluarkan berdarah serta motornya rusak lecet, sedangkan AS kehilangan dompet berisi kartu identitas, kartu kuliah dan ATM. Korban MH lalu melapor ke SPKT Polrestabes Palembang, atas laporan tersebut kita langsung tindak lanjuti dan melakukan penyelidikan,” kata  Jhony Palapa.

Baca:  Pasrah Dihadang Begal Bersenjata Pedang

Untuk pelaku yang belum ditangkap akan terus diburu dan sebaiknya menyerahkan diri saja. “Atas ulahnya 3 pelaku akan dikenakan pasal 365 ancaman penjara di atas 5 tahun, tindakan tegas terukur diambil lantaran berusaha kabur saat akan ditangkap dan mengindahkan tembakan peringatan keudara oleh anggota unit ranmor yang menangkapnya,” katanya.

3 pelaku sendiri hanya menundukkan kepala saat ditemui di ruang Riksa Reskrim Ranmor. “Iya pak menodong korban, meminta paksa HP dan dompet korban. Menyesal pak, uangnya hanya untuk membeli makanan dan minuman,” kata pelaku M Rizki.#osk