Wahana Bermain Pasir Pantai di Pulau Kemaro

47

Palembang, BP–Pembangunan Pulau Kemaro terus dilanjutkan oleh Pemerintah Kota Palembang. Bahkan, dengan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dalam waktu dekat arena bermain pasir akan dibangun.

Hal itu diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo, saat Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengunjungi Pulau Kemaro, Senin (19/4/2021).

Harnojoyo mengatakan, ada beberapa hal yang ia sampaikan kepada gubernur untuk mempercepat pembangunan destinasi wisata baru di lahan dengan total luas 90 hektar itu.

“Diantaranya yang akan lebih dulu dibangun wahana bermain pasir seperti di pantai seluas 300×100 meter. Ini akan sangat menarik terutama untuk tempat bermain anak-anak,” katanya.

Baca:  Metode Karya Wisata Yang Diterapkan Siswa Kelas X Mia 9 SMA Negeri 10 Palembang

Menurutnya, saat ini lahan yang sudah clear seluas 30 hektar. Langkah konkret Pemkot Palembang guna memancing investor dan pihak ketiga tertarik, langkah pembersihan dan mempercantik area sekitar dan Bungalow secara rutin akan dilaksanakan setiap akhir pekan melalui program Gotong Royong.

Untuk menarik wisatawan, kawasan Pulau Kemaro akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang pariwisata. Sekarang Bungalow baru ada 10 Bungalow, tidak cukup bila kawasan ini dijadikan seperti Ancol. Maka perlu wahana rekreasi, meeting room, resepsionis, dan lainnya sehingga menjadi resort yang nyaman bagi pengunjung.

Baca:  Lubuk Linggau, Mura, Muratara Potensial Pengembangan Wisata Sumsel

“Investor sudah banyak yang tertarik, tapi belum ada yang deal,” katanya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, mewujudkan destinasi wisata Pulau Kemaro perlu dukungan semua pihak. Pihaknya setuju akan membantu pembangunan. Tak hanya itu, Bank Sumsel Babel pun bersedia membantu mebangun atap area tunggu.

“Tempat ini terhubung dengan Pagoda Pulau Kemaro ini, saya mendukung menjadi tempat wisata pantai, olahraga, dan tempat pertemuan,” katanya.

Baca:  Promosi Wisata Palembang Terbentur Anggaran

Meskipun lahan Pulau Kemaro sempat dipermasalahkan masyarakat karena akan dibuat tempat wisata, Pemerintah Kota Palembang terus melanjutkan pembangunan. Selain membersihkan lahan, pembuatan tanggul juga sudah hampir rampung.

“Pembuatan tanggul sepanjang 650 meter sudah 350 meter selesai, artinya sebentar lagi selesai,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, A Bastari Yusak. #pit