Komisi I DPRD Sumsel Berharap Muaraenim dan OKU Segera Memiliki Bupati Definitif

61

Antoni Yuzar (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP- Hingga kini Kabupaten Muaraenim dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) belum memiliki kepala daerah yang definitip hingga kini lantaran seperti Muaraenim kepala daerahnya terjerat kasus korupsi sedangkan kabupaten OKU Bupati terpilih Kuryana  Aziz meninggal dunia sedangkan Wakil Bupatinya Johan Anuar sedang menjalani proses hukum pidana.

Ketua Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Antoni Yuzar menilai DPRD masing-masing kabupaten ini akan menyikapi , agar pemerintah daerah melakukan pengusulan ke DPRD  dan DPRD lah yang akan  melakukan pemilihan.

Baca:  DPRD Sumsel Prihatin Dengan Nasib Guru Honor

“ Nah langkah-langkah itu sudah belum, karena untuk menuju langkah tersebut harus  ada dukungan dari partai-partai, ada syarat seperti itu, , setelah itu disampaikan oleh pemerintah daerah kepada DPRD, DPRD  akan melakukan pemilihan langsung one man one vote bahasanya , tapi langkah ke situ belum ada  satupun nama yang mendapat dukungan partai,” katanya, Selasa (13/4).

Baca:  Sembilan Fraksi DPRD Sumsel Sampaikan Pemandangan Umum Raperda APBD 2018

Dimana menurut politisi PKB ini melihat kebiasaannya  partai-partai yang mengusung yang mendapatkan wakilnya di pemerintahan lebih di perioritaskan untuk menggantikan namun itu tidak menutup kemungkinan dari  partai –partai lain yang bisa masuk, tergantung lobi-lobi politik.

Mengenai Plt Bupati OKU harus putra daerah menurutnya tidak ada aturan hukum yang mengatur seperti itu .

Baca:  Pemprov Sumsel Ajukan Pinjaman Ke Pusat, Agus Sutikno: Harus Ditangkap

“Jadi siapapun warga negara Indonesia yang memenuhi syarat-syarat boleh saja tidak harus putra daerah,” katanya.

Menurut Antoni, pihaknya berharap agar mengisi kekosongan kepemimpinan baik di Muaraenim dan OKU untuk segera ditindaklanjuti agar roda pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya.

“ Tanpa bupati yang definitif itu  agak ada keterbatasan kewenangannya , kita berharap segera ditindaklanjuti dipilih bupati dan wakil bupati yang baru,” katanya.#osk