Ultimate magazine theme for WordPress.

Ustad Masagus Ahmad Fauzan Yayan Jabat Ketua Umum DPW ISQI Sumsel

Sejumlah tokoh ulama, akademisi, kaum intelektual di kota Palembang mendeklarasikan Ikatan Sarjana Alquran Indonesia (ISQI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Pondok Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami Palembang Minggu (11/4). (BP/IST)

Palembang, BP- Sejumlah tokoh ulama, akademisi, kaum intelektual di kota Palembang mendeklarasikan Ikatan Sarjana Alquran Indonesia (ISQI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Pondok Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami Palembang Minggu (11/4).

Setelah di deklarasi pengurus ISQI Sumsel langsung dibentuk. Dengan  Ketua Umum DPW ISQI Sumatera Selatan, Ustadz Masagus Ahmad Fauzan Yayan.

Dengan berdiri ISQI diharapkan akan menjadi lokomotif gerakan membumikan spirit dan pesan-pesan Al-Qur’an di Sumatera Selatan.

Ustadz Masagus Ahmad Fauzan Yayan, seorang yang dikenal luas sebagai penggerak pemasyarakatan Al-Qur’an di tengah-tengah warga Sumatera Selatan yang juga seorang pengasuh pondok pesantren Kyai Marogan mengatakan, ISQI sebagaimana misinya, merupakan pemaduan kekuatan ulama dan akademisi. Sifat dari gerakan ISQI yaitu melampaui sekat-sekat mazhab dan golongan dan juga melampaui dikotomi sains dan wahyu Allah. ISQI akan menjadi rumah yang subur bagi lahirnya prakarsa dan program yang bersifat Rahmatan Lil ‘Alamin.

Beberapa tantangan yang menunggu bagi ISQI Sumatera Selatan ialah peningkatan kesadaran dan literasi masyarakat terhadap Al-Qur’an. Di samping itu, bagaimana pesan dan spirit Al-Qur’an dapat mewarnai pembangunan dan penyusunan kebijakan publik di Sumatera Selatan. Para akademisi dan ulama akan berinteraksi dan meracik gagasan dan aksi melalui ISQI. Di antaranya mengurangi angka kemiskinan penduduk dengan mengoptimalkan fungsi sumber daya umat, seperti jaringan tokoh, aset, lahan, kesadaran filantrofi hingga fungsi masjid.

“Kami berharap, pendeklarasian ISQI di Sumatera Selatan ini akan menjadi langkah bergulir bagai bola salju, untuk mewujudkan peradaban yang luhur bersendikan Al-Qur’an yang memang sudah lama kita idam-idamkan. Kita ingin tunjukkan bahwa Al-Qur’an-lah solusi bagi masyarakat,” kata Ustadz Masagus Ahmad Fauzan Yayan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pakar: Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.A berharap dengan terbentuk ISQI kedepannya perlu adanya sinergi antara ISQI dengan lembaga – lembaga yang ada di kota Palembang.

“Meskipun ISQI baru dideklarasikan dan dilantik pengurus nya ISQI sudah melihat peluang peluang yang baik menjembatani peradaban dan gerakan membumikan spirit dan pesan-pesan Al-Qur’an di Sumatera Selatan,”katanya.

Berikut Susunan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Al-Qur’an Indonesia (ISQI) Sumatera Selatan.#osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...