Peringati Hari Kartini Ke 142, PLH Bupati OKU: Perempuan Harus Kita Jadikan Penguat Untuk Terus Berkarya

61

Baturaja, BP – Pelaksana Harian Bupati OKU Edward Candra, menghadiri Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2021 bertempat di Hotel Grand Kemuning Baturaja, Rabu (7/04/2021).

142 tahun yang lalu sebelum Indonesia merdeka tepatnya di kota Rembang tanggal 21 April 1879 lahir seorang tokoh emansipasi wanita Indonesia Raden Ajeng Kartini.

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) selaku ketua pelaksana peringatan Hari Kartini ke-142 kabupaten OKU Arman, mengatakan tujuan peringatan hari Kartini ke-142 adalah untuk menghormati perjuangan R.A Kartini dalam mewujudkan kesetaraan kaum laki-laki dan perempuan di era modern terutama dalam bidang pendidikan dan kesetaraan gender di semua bidang.

Baca:  Wabup OKU Hadiri Peringatan Hari Kartini ke 140 di Gedung Kesenian

“Peringatan hari Kartini ke-142 diisi dengan penilaian champion gender dalam rangka pelaksanaan pengarusutamaan gender di kabupaten OKU yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki semangat untuk menyuarakan kesetaraan gender. Untuk tahun 2020 champion gender diberikan kepada ketua TP PKK, ketua DWP, dan ketua GOW kabupaten OKU,” kata Arman.

Selain itu juga, Arman menambahkan diadakan lomba senam Maumere dan aerobik yang di ikuti anggota GOW. Adapun pemenang lomba tersebut adalah juara I di raih oleh BKMT, juara II IIPK bank Sumsel, dan juara III di raih PII Unbara.

Sementara itu, PLH Bupati OKU Edward Candra, mengatakan R.A Kartini di masa mudanya dengan perjuangan untuk membebaskan dari keterbelengguan sebagai seorang wanita di masa penjajahan Belanda untuk memerdekaan kaum wanita dari diskriminasi dan keterbelakangan pengetahuan, agar nanti kaum wanita dapat saling bahu membahu dengan kaum pria dalam memenuhi hak dan kewajiban terhadap keluarga, bangsa dan negara. Dewasa ini generasi Kartini sudah mampu menunjukkan kemampuan menjadi mitra bagi kaum pria ditunjukkan di berbagai bidang pembangunan. Di samping itu masih banyak kaum wanita yang tertinggal dan belum tersentuh semangat perjuangan ibu Kartini yang masih terbelenggu keterbatasan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti aspek ekonomi, politik, dan sosial.

Baca:  Wabup OKU Hadiri Peringatan Hari Kartini ke 140 di Gedung Kesenian

“Oleh karena itu peringatan hari Kartini ke-142 ini harus kita jadikan penguat tekad kaum wanita untuk terus berkarya sekaligus menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum wanita lainnya,” katanya.

Dikatakan Edward, kita patut berbangga karena sudah banyak kemajuan yang di capai wanita Indonesia termasuk di kabupaten OKU. Keberhasilan tersebut harus tetap di jaga dengan keseimbangan dalam rumah tangga dan martabat keluarga.

Baca:  Wabup OKU Hadiri Peringatan Hari Kartini ke 140 di Gedung Kesenian

“Di sisi lain, kaum wanita di harapkan tetap konsisten dan berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan,” pungkasnya.

Tema peringatan Hari Kartini tahun 2021 adalah meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia dengan semangat ibu Kartini. #yan