Bakal Hadapi Grand Master, Pecatur Sumsel Cari Peluang di PON Papua

44

Atlet PON Catur Sumsel saat menjalani latihan.

Palembang, BP–Lima srikandi catur Sumsel bakal menghadapi dua grand master wanita asal Jawa Barat pada multievent bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua November 2021 mendatang.

Kelimanya adalah Alivia Noviansari MNW
Nyimas Sonya Nafa MNW, Nyimas Shieta Prima MNW, Alicia Fitri Wahida dan Xena Lorens.

Meski begitu, ada celah peluang Sumsel untuk mampu menjadi the winner pada pesta olahraga terbesar Tanah Air tersebut.

Baca:  Alivia CS Kalahkan Pecatur Malaysia dan Uzhbekiztan

Pasalnya, atlet catur delegasi Sumsel tersebut pernah seri atau remis saat tanding pada single event Pra PON tahun lalu saat melawan grand Master wanita tersebut.

“Peluang ada, karena atlet kita remis kemarin saat lawan Grand Master Wanita dari Jabar,” ujar Pelatih Catur Sumsel Coach Nurdin Abu Bakar MN, Rabu (7/4).

Menurutnya, kegagalan catur Sumsel di PON di Kota Kembang 2016 lalu dengan meraih medali perak dan rela berbagi emas untuk Jabar membuat banyak evaluasi. Apalagi pecatur bukan kali pertama bertemu dengan Grand Master hingga menghasilkan seri.

Baca:  72 Pecatur Sumsel Duel di Meja Catur

“Harapan kita satu emas dan satu perak dari catur kilat perorangan dan catur kilat beregu,” jelasnya.

Meski begitu, Nurdin tak kemudian jumawa dengan hanya mengandalkan anak-anaknya yang sempat seri melawan dua ratu catur. Sehingga harus diakuinya butuh latihan yang cukup keras jika berharap hasil yang terbaik.

Menurut Nurdin, Alivia dan kawan-kawan tak hanya perlu latihan yang rutin tapi bisa jalani Training Camp (TC) penuh. Sehingga mereka bisa fokus dibanding kalau latihan yang harus terbagi dengan aktivitas lain.

Baca:  Catur Sumsel Borong Tiga Emas di Asian Para Games

“Mudah-mudahan rencana Training Camp nanti berjalan, dan juga nanti Pelatda penuh segera dilakukan,” urainya. #sug