MK Putuskan PSU di 4 TPS di PALI, KPU Sumsel : KPU PALI Wajib Laksanakan Putusan MK

26

BP/IST-, Amrah Muslimin

Palembang, BP

Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/3) memutuskan 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua KPU Sumatera Selatan (Sumsel) Amrah Muslimin mengaku besok, Selasa (22/3) pihaknya  melalui Divisi  Hukum akan menghadiri rapat dengan KPU RI terkait putusan MK tersebut.

“Lusa KPU Sumsel akan melaksanakan rapat pleno membahas putusan tersebut dan akan melaksanakan dan koordinasi dengan pihak terkait seperti Bawaslu Sumsel,  Polda dan  Tni serta media,” katanya, Senin (22/3).

Baca:  Debat Publik Kedua Bupati Muratara , Kandidat Tawarkan  Kesejahteraan Rakyat

KPU PALI menurut Amrah wajib melaksanakan putusan MK paling lambat 30 hari setelah putusan di bacakan.

“Arahannya segera persiapkan pelaksanaannya (PSU),” kata komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Hepriyadi.

Diterangkan Hepriyadi, pihaknya akan segera membahas putusan MK tersebut dengan berkoordinasi dengan KPU RI.

“Rencana, besok kami (KPU Sumsel dan PALI) baru mau rakor (rapat kordinasi) dengan KPU RI,” jelasnya.

Sebelumnya MK, Senin (22/3) ini menganulir hasil rekapitulasi perolehan suara hasil Pilkada Kabupaten PALI yang menempatkan paslon 2 Heri Amalindo dan Soemarjono 51.836 Suara unggul terhadap paslon 1 Devi dan Darmadi 51.205 suara atau dengan selisih 658 suara atau 0,54%

Baca:  Survey LKPI: Elektabilitas Hendra Gunawan Teratas Dibanding Kandidat Lain di Musi Rawas

“Menimbang bahwa berkaitan dengan telah dikabulkannya sebagian dalil pemohon dab Mahkamah telah memerintahkan dilakukan Pemungutan Suara Ulang di empat TPS,” kata majelis hakim MK Anwar Usman.

Maka terhadap keputusan KPU PALI Nomor 366/PL.02.6-Kpt/1612/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wabup PALI tertanggal 15 Desember, Mahkamah berpendapat haruslah dinyatakan batal sepanjang mengenai perolehan suara masing- masing paslon.

Baca:  APPP Tuding Seluruh Produk Hukum KPU Palembang Cacat Hukum

Adapun empat TPS itu, yaitu TPS 6 Kelurahan Tempirai Kecamatan Penukal Utara, TPS 8 Kelurahan Babat, TPS 9 dan TPS 19 Kelurahan Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI.

“Mahkamah berpendapat bahwa waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pemungutan suara ukang adalah paling lama 30 hari sejak diucapkan putusan Mahkamah,” katanya.#osk