Ultimate magazine theme for WordPress.

Syarief Hasan Jelaskan Fungsi MPR Kepada Siswa dan Orangtua

Cianjur, BP–Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan, menggelar sosialisasi Empat Pilar MPR kepada siswa Yayasan Al Ikhlas Bina Insan Mandiri (YABIN) dan orangtua siswa di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (20/3).
Dalam sosialisasi ini Sjarifuddin Hasan menjelaskan tentang fungsi dan kewenangan lembaga negara MPR dan DPR.
“Meski saat ini masih dalam pandemi Covid-19 tetapi sebagai pimpinan MPR tetap melakukan kewajiban mensosialisasikan Empat Pilar MPR,” ujar Syarief.
Sosialisasi dilakukan sambil melemparkan pertanyaan kepada siswa, orangtua maupun guru dan pengurus YABIN. Metode interaktif ini menarik antusias siswa dan guru.
“Siapa yang bisa menyebutkan sila Pancasila?” tanya Syarief Hasan. Siswa antusias menjawab pertanyaan itu. Seorang siswi kelas 9 tampil dan menyebutkan Pancasila dengan benar dan sempurna. Syarief Hasan memberikan reward kepada siswa dan memuji kemampuan siswa. “Inilah sering saya katakan pesantren menjadi gudang para calon pemimpin bangsa,” tuturnya..
Bukan hanya soal Pancasila, Syarief Hasan juga bertanya tentang fungsi DPR. Siswa bahkan diberikan keleluasaan untuk memanfaatkan gadget dengan mencari di Google.
“DPR memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi legislasi atau membuat UU, fungsi budgeting atau anggaran, dan fungsi pengawasan,” jelas Syarief.
Syarief juga menyebutkan kewenangan MPR antara lain melantik presiden dan wakil presiden terpilih, melakukan perubahan UUD.
Menurut Syarief, sosialisasi Empat Pilar MPR untuk melihat sejauhmana pemahaman siswa tentang Empat Pilar MPR. “Siswa bisa menjawab pertanyaan berarti mereka paham Empat Pilar MPR,” paparnya.#duk

Baca:  Wakil Ketua MPR Minta UU ITE Segera Direvisi
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...