AGSI Sumsel Tolak Pengembangan Wisata Pulau Kemaro Angkat Keluhuran Kerajaan Sriwijaya

9

BP/IST
Ketua Asosiasi Guru Sejarah (AGSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)
Merry Hamraeny.

Palembang, BP

Sebagai bagian dari  Aliansi Masyarakat Peduli Pulau Kemaro (AMPPK) yang menolak rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang akan menjadikan pulau Kemaro sebagai prioritas pengembangan destinasi wisata yang mengembalikan identitas keluhuran Sriwijaya sebagaimana berita yang tersebar dalam media massa lokal.

Menurut Ketua Asosiasi Guru Sejarah (AGSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)
Merry Hamraeny, AGSI Sumsel memiliki alasan menolak rencana Pemkot Palembang untuk  membangun Pulau Kemaro menjadi Destinasi Wisata untuk  mengembalikan keluhuran Sriwijaya.
“Pada dasarnya AGSI Sumsel sangat mendukung Pemerintah Kota dalam melaksanakan pembangunan di Kota Palembang, ” katanya, Kamis (18/3).
Palembang menurutnya adalah termasuk  kota tua di Indonesia . Telah mencatat Sejarah, dari Zaman Pra aksara, Sriwijaya, kerajaan Palembang/ Kesultanan Palembang, zaman kemerdekaan, sampai dengan saat ini. Tentu saja banyak tinggalan-tinggalan  sejarah yang terdapat di kota Palembang.
“Berdasarkan data-data banyak berupa bangunan-bangunan  cagar budaya yang terdapat di kota tercinta ini,” katanya.
Termasuk salah satunya  Pulau Kemaro,  berdasarkan fakta Pulau Kemaro bukan  peninggalan Sriwijaya, tetapi sudah  ada pada masa Kesultanan Palembang Darussalam.
“Kami sebagai  guru sejarah harus menyampaikan sejarah harus sesuai dengan fakta-fakta. Jangan sampai nanti penafsiran yang kurang tepat nanti terus menerus diterima anak didik/ peserta didik,” katanya.
Dia menyarankan kepada pemerintah kota Palembang, sebaiknya mengadakan kajian-kajian  untuk memastikan kebenaran fakta tersebut dengan melibatkan komponen yang terkait, adakan kajian ilmiahnya.
Selain itu juga mendukung Pemkot Palembang untuk membangun Pulau  Kemaro tanpa meninggalkan fakta sejarahnya.
AGSI Sumsel  menurut Merry , siap mendukung pembangunan kota Palembang sesuai dengan  misinya Palembang Darussalam dan pembangunan yg bernuansa kota sejarah di Indonesia.
“Kami siap mendukung bapak Walikota Palembang dan jajarannya,” katanya.#osk
Baca:  Dandrem 044/Gapo : “Saya Sebetulnya Dengan PWI Seperti Dengan Orangtua Saya”