Sejarah Kesultanan Palembang Darussalam Harus Masuk Mata Pelajaran Lokal

4

BP/IST
DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Palembang menggelar webinar Kebudayaan “Mengenal, Menggali dan Mengapresiasi Sejarah dan Seni Budaya Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (13/3).

Palembang, BP

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Palembang menggelar webinar Kebudayaan “Mengenal, Menggali dan Mengapresiasi Sejarah dan Seni Budaya Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (13/3).

Sedangkan nara sumber dari webinar tersebut Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn, dengan moderator Mgs Syaiful Padli yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

SMB IV menilai masih banyak orang yang belum mengenal Kesultanan Palembang Darussalam seperti apa di masa lalu.

Baca:  Bantu APD Rumah Sakit di Sumsel, Danone Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia Gandeng Human Initiative

“ Juga dijelaskan mengenai  sejarah Kesultanan Palembang Darussalam, asal-usul gelaran di Palembang, masih banyak yang enggak ngerti, pada dasarnya sejarah ini  jangan dilupakan, harus kita pelajari,” katanya.

SMB IV menilai dalam webinar kemarin banyak yang mengapresiasi acara tersebut dan kebanyakan tidak banyak mengetahui dahulu sejarahnya seperti apa.

“ Mereka banyak baru memahami, oh  seperti ini ya sejarahnya ,” katanya.

Menurutnya kedepan, pelajaran sejarah Palembang termasuk Kesultanan Palembang Darussalam harus di masukkan dalam mata pelajaran lokal.

Baca:  Pilkada 7 Kabupaten Kota , PKS Sumsel Belum Tentukan Sikap

“Karena banyak sekali masyarakat yang tidak mengerti sejarah, ternyata ketika di jelaskan tadi mereka baru mengerti,” katanya.

Sedangkan Ketua DPD PKS Kota Palembang, Ir Baharudin,MM mengapresiasi webinar ini.

Dia melihat saat ini masyarakat sudah banyak tidak mengenal sejarah terutama Kesultanan Palembang Darussalam.

Karena itu dia mendukung  kegiatan webinar ini sebagai bentuk upaya untuk mencintai sejarah terutama sejarah panjang dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Baca:  Ahmad Toha Kembali Pimpin DPW PKS Sumsel

Sedangkan Mgs Syaiful Padli mengatakan, tujuan kegiatan ini  dalam rangka membuka wawasan, cakrawala kader PKS khususnya terkait dengan keberadaan  dan sejarah dari Kesultanan Palembang Darussalam.

“Sehingga sejarah tentang Kesultanan Palembang Darussalam ini  dapat dipahami  dan dapat diberikan pemahaman kepada anak cucu kedepan sehingga tidak putus sejarah terkait dengan adanya Kesultanan Palembang Darussalam ini,” kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel ini.#osk