Puluhan Wartawan Di Sumsel   Jalani Vaksin  Covid-19 Tahap Pertama

29

BP/IST
Puluhan wartawan berbagai organisasi, seperti dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, IJTI Sumsel, AJI Palembang, AMSI Sumsel, SMSI Sumsel dan JMSI Sumsel, laksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di RS Siti Fatimah, minggu (14/3).

Palembang, BP

Puluhan wartawan berbagai organisasi, seperti dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel), IJTI Sumsel, AJI Palembang, AMSI Sumsel, SMSI Sumsel dan JMSI Sumsel, laksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di RS Siti Fatimah, Minggu (14/3).

Dari pantauan puluhan wartawan, redaktur dan pimpred antusias mengikuti vaksinasi covid-19 yang di fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pemberian suntikan vaksin tahap pertama kepada puluhan jurnalis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah itu dihadiri langsung Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), H Herman Deru (HD).

Dari pantauan sekitar 59 wartawan dari berbagai organisasi, seperti dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, IJTI Sumsel, AJI Palembang, AMSI Sumsel, SMSI Sumsel dan JMSI Sumsel antusias mengikuti vaksinasi covid-19 bagi awak media tersebut.

Baca:  Jumlah Pasien Corona Sumsel 3735 Orang.

Protokol kesehatan ketat dilakukan terhadap jurnalis yang akan divaksin. Sebelum menuju lift lantai 10, petugas di pintu masuk meminta kalangan insan pers untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuh. Registrasi dilakukan dengan memberikan KTP kepada petugas.

Satu persatu para jurnalis dipanggil untuk melalui registrasi di Meja 1, setelah itu dilakukan pemeriksaan kesehatan di Meja 2.

Petugas melakukan wawancara mendalam, kemudian diukur tekanan darah dan suhu tubuh, Jika laik, maka dilakukan vaksinasi.

Vaksinasi dilakukan di meja 3. Petugas juga menyediakan bilik hijau saat divaksin. Jurnalis yang telah menerima suntikan dosis vaksinasi tahap I diobservasi selama 30 menit oleh dokter spesialis.

Baca:  Melonjak 60 Kasus, Pasien Covid-19 di Sumsel 22 Juni Jadi 1.839 Jiwa

Pimpinan redaksi Palembang TV (Pal TV), Suzannita mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas jurnalistik, rekan media rentan terpapar virus Corona.

“Semoga dengan vaksinasi terhadap rekan media dapat menjadi akseletaror bagi masyarakat untuk ikut divaksin agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata Suzan.

Sedangkan Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi vaksin corona kepada kalangan jurnalis di Sumsel.

“Dari 230 organisasi wartawan yang didaftarkan. Pada gelombang pertama, 59 wartawan mendapat suntikan vaksin tahap pertama hari ini,” kata  Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Gubernur meminta kepada para wartawan agar berperan aktif menyosialisasikan vaksin dan pencegahan Covid-19.

Baca:  Update 11 Juni: Tambah 42 Kasus, Pasien Covid-19 di Sumsel Jadi 1.271 Jiwa

Sementara itu, Ketua PWI Sumatra Selatan, H Firdaus Komar SIP MSi mengatakan bahwa wrtawan adalah termasuk kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19 jadi sangat bekepentungan agar vaksinasi bagi wartawan diutamakan.

“Alhamdulilah saat vaksin mulai diadakan, Pak Gub telah berkoordinasi ke PWI melalui Dinkes untuk melakukan vaksin ke teman-teman wartawan,” katanya.

Ia juga mengatakan melalui vaksinasi Covid-19, para jurnalis bisa memproteksi dari serangan virus Corona

“Harapan PWI Sumsel ke depan agar melalui vaksin akan lebih memberikan keyakinan ke teman-teman untuk membentengi dan memproteksi dari serangan virus Corona ini,” katanya.#osk