April 2021, Disbud Kota Palembang Gelar Panel Revisi PPKD Libatkan OPD

13

BP/IST
Dinas Kebudayaan (Disbud) kota Palembang  kembali melanjutkan pembahasan revisi Pokok-pokok Pikiran kebudayaan Daerah (PPKD) untuk kota Palembang sekaligus tahapan  tindak lanjut PPKD untuk kota Palembang di kantor Disbud kota Palembang, Kamis (11/3).

Palembang, BP

Dinas Kebudayaan (Disbud) kota Palembang  kembali melanjutkan pembahasan revisi Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) untuk kota Palembang sekaligus tahapan  tindak lanjut PPKD untuk kota Palembang di kantor Disbud kota Palembang, Kamis (11/3).

Sebelumnya PPKD kota Palembang  telah di susun oleh pemerintah kota Palembang melalui Dinas Kebudayaan kota Palembang pada tahun 2018 lalu dan diserahkan ke Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI , dalam perkembangannya PPKD kota Palembang menjadi salah satu kota yang perlu di direvisi PPKDnya untuk dapat diserahkan kepada Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI kembali.

Turut hadir  nara sumber revisi PPKD dan Pendataan Pokok Kebudayaan kota Palembang yang hadir diantaranya    Pertama , Bidang Bahasa dan Permainan tradisional; Dr. Zuhdiyah, M.Ag,  Kedua: bidang Pengetahuan Tradisional,  Kemas A.R. Panji, M.Si, Ketiga: Bidang Teknologi Tradisional dan Olah Raga Tradisional; Saudi Berlian M. Si, Keempat: Bidang Tradisi Lisan dan Seni; Vebri Al Lintani, Kelima; Bidang Kajian Manuskrip dan Naskah; Dr. Umi Kalsum,  Keenam: Bidang Adat Istiadat dan Ritus; R.M. Ali Hanafiah (Mang Amin).

Baca:  PSBB Di Palembang Resmi Diberlakukan

Juga hadir Sekretaris Disbud Kota Palembang, Terry Setyati S.H,  Isnayanti Syafrida selaku Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Palembang.

Sekretaris Disbud Kota Palembang, Terry Setyati S.H memastikan walaupun dalam kondisi libur namun Dinas Kebudayaan kota Palembang akan menyelesaikan  program revisi PPKD untuk kota Palembang.

“ Ini kita  melakukan revisi dengan melibatkan  pihak seperti budayawan, sejarawan dan sebagainya,” katanya.

Sebelum penyelesaian revisi PPKD kota Palembang di bulan April 2021, pihaknya akan melakukan panel dengan melibatkan beberapa OPD yang ada dan akan di pimpin Sekda kota Palembang.

Baca:  Penggugat Adalah Pemilih Yang Berhak Menggugat Jika Penyelenggaraan Pemilukada Melanggar UU

“ Kita sangat mengharapkan ini selesai kalau sebelum target, kalau bisa karena kondisi kita banyak kegiatan yang lain tapi kita tetap maksimalkan

Sedangkan  Penggiat Budaya , utusan Dirjen Kebudayaan  Kemendikbud RI, Wanda Lesmana mengatakan, kegiatan hari ini melibatkan  Dinas Kebudayaan kota Palembang, seniman, budayawan, sejarawan dan akademisi .

“ Bersama-sama merumuskan  apa yang akan di revisi dari PPKD tersebut,” katanya.

Pertemuan ini merupakan pertemuan keempat dimana pertemuan pertama dengan agenda penyatuan visi dan arahan dari Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang sekaligus terbentuk tim  data pokok kebudayaan daerah yang bersama-sama meneliti data PPKD tahun 2018 di lapangan.

“ Kita targetkan sebetulnya ini  selesai di akhir April 2021, tentu setelah produk ini jadi,   selama satu bulan terakhir ini , itu akan dirapatkan langsung bersama pemerintah kota Palembang di ketuai Sekretaris Kota Palembang yang nantinya PPKD ini akan berbentuk sebuah produk , pedoman, panduan maupun  blue print daripada kebijakan pembangunan kebudayaan  di kota Palembang ,” katanya.

Baca:  Prabowo Pastikan Hadir di Palembang

Dia berharap PPKD ini bukan seperti kitab saja tapi juga termasuk menjadi acuan bagi semua stekholder  yang ada di OPD di Pemerintah Kota Palembang sehingga ini bukan sekadar kitab saja sudah menjadi acuan kita bersama,” katanya.

Hasilnya ini juga akan diajukan ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI maksimal Juni 2021.

“ Kalau kita menyelesaikan PPKD ini termasuk rapat akhir dilaksanakan  akhir April 2021 saya pikir kota Palembang menjadi salah satu kota yang pertama melakukan revisi PPKD di Sumatera Selatan,” katanya.#osk