Dua Pelaku Jambret Ditembak

3

BP/IST
Dua pelaku jambret berhasil ditangkap Unit Ranmor, Sat Reskrim Polrestabes Palembang, Senin (8/3) malam.

Palembang, BP

Dua pelaku jambret berhasil ditangkap Unit Ranmor, Sat Reskrim Polrestabes Palembang, Senin (8/3) malam.

Kedua tersangka yakni Ali Akbar (42) warga Jalan Sapta Marga, Kelurahan Bukit Sangkal dan Riski Wijaya (35) warga Jalan Mayor Zen Kelurahan Lebak Jaya, Kecamatan Sematang Borang Palembang.

Polisi juga mengamankan 28 unit HP diduga hasil kejahatan yang disita dari seorang penadah.

Keduanya tersangka terpaksa dihadiahi timah panas oleh tim Ranmor “beguyur bae” lantaran saat ditangkap berusaha melarikan diri dan melawan petugas, terpaksa tindakan tegas terukur dilakukan supaya target penangkapan tidak bisa kabur. Untuk proses selanjutnya, kedua pelaku langsung diamankan ke Mapolrestabes Palembang.

Aksi kedua pelaku Minggu (31/1) sekira pukul 09.30  dan pada waktu itu sempat viral di media sosial di sebuah counter handphone (HP) Asia Celuller simpang Bakaran Jalan Kapten Abdullah, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju Palembang.

Baca:  Penghuni Lapas Palembang Diduga Kendalikan Peredaran Narkoba dari Penjara

Informasi dihimpun, korban Fitri sedang berada di tempat kejadian perkara (TKP) lalu tiba- tiba saja datang kedua pelaku ke counter milik korban. Modusnya datang sebagai pembeli dan berpura-pura mencari aksesoris Handphone dan saat korban hendak memberikan aksesoris tersebut, disaat korban lengah pelaku langsung mengambil 1 unit handphone milk korban merk vivo Y91C warna biru harga sekitar Rp 1,5 juta dan korban langsung melaporkan kejadian ini ke SPKT Polrestabes Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra melalui Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Edi Rahmat Mulyana didampingi Kanit Ranmor Iptu Irsan Ismail dan Kasubnit Opsnal Ranmor Ipda Jhoni Palapa membenarkan telah menangkap kedua pelaku.

Baca:  Pencuri 22 Ton Pupuk Pusri Ditembak

“Pelaku ini memang sudah menjadi target operasi anggota dalam kasus jambret. Setelah menerima aduan dari korban, anggota terus memburu kedua pelaku. Aksi pelaku ini sudah meresahkan masyarakat kota Palembang,” kata Edi, Rabu (10/3).

Edi mengatakan, kronologis penangkapan setelah melakukan penyelidikan diketahui keberadaan pelaku Riski Wijaya yang berada di kawasan Jalan Dwikora. Kemudian dilakukan pengembangan hingga akhirnya Polisi menangkap pelaku Ali Akbar di kawasan Jalan Abiasan.

“Kedua diberikan tindakan tegas terukur anggota dilapangan lantaran berusaha melawan dan hendak melarikan diri,” katanya.

Sementara, lanjut Edi, barang bukti (BB) yang diamankan dari kedua pelaku yakni 1 unit helm, 1 helai baju jaket warna abu-abu lengan tangan dan 1 unit sepeda motor honda Vario BG 2625 dan pelaku terancam pasal 365 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas 5 tahun penjara.

Baca:  Kabur Saat Ditangkap , Spesialis Rampas HP Ditembak Polisi

Tersangka Ali Akbar mengakui perbuatannya dan sudah sering menjambret.

“Sudah sering pak njambret, hasilnya selalu kami bagi berdua. Kami selalu jual hasil jambret seperti handphone, variasi harga ada Rp 1 juta, Rp 500 ribu, tergantung jenis HP, tetapi yang terakhir di jual Rp 700 ribu, uangnya di pakai untuk kebutuhan sehari-hari saja,” kata Ali Akbar saat ditemui di ruang riksa.

Barang bukti yang diamankan berupa 28 Unit Handphone diduga hasil kejahatan yang disita dari penadah.#osk