Buntut KLB Partai Demokrat di Sumut, Ketua DPC Ogan Ilir Diganti

17

BP/IST
Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Firdaus Hasbullah (kiri) bersama Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Handry Pratama Putra (kanan)

Palembang, BP

Handry Pratama Putra akhirnya diberikan  tugas menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Ogan Ilir (OI). menggantikan posisi ketua sebelumnya Addinul Ikhsan.

“Ya, benar Tama sudah resmi menjadi Plt Ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Ogan Ilir sejak, 4 Maret 2021. Surat Keputusan (SK) penunjukan Plt Ketua DPC Partai Demokrat OI ditanda tangani langsung Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” kata Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Firdaus Hasbullah, Senin (8/3) sore.

Menurut Firdaus penunjukan Plt ketua DPC Partai Demokrat Ogan Ilir sesuai dengan surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat nomor: 63/SK/DPP.PD/DPC/ü/2021 tentang.

Baca:  DPD Demokrat Sumsel Protes Keras Usulan Pimpinan DPRD PALI

“Karena terbukti terlibat dalam Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) yang jelas bertentangan dengan AD/ART dan Kode Etik Partai Demokrat,” katanya.

Kemudian lanjut Firdaus Hasbullah bahwa atas dasar tersebut Addinul Ikhsan sebagai Ketua DPC  Partai Demokrat Kabupaten Ogan Ilir, telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan AD/ART Partai Demokrat, Kode Etik dan Keputusan-keputusan Partai.

“Untuk itu, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tegas sesuai ketentuan organisasi partai,” kata  mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten PALI ini.

Ditambahkan Firadus Hasbullah yang juga pengacara muda di Sumsel ini ada beberapa pertimbangan penunjukan Tama sebagai Plt Ketua DPC Partai Demokrat Ogan Ilir.

“Ya, karena dia ( Tama) adalah kader dan masuk unsur pimpinan di DPD Partai Demokrat Sumsel. Saat ini dia adalah Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel. Memang seyogjanya kalau Plt harus pejabat lebih tinggi setingkat. Kalau DPC berarti harus dari DPD,” katanya.

Baca:  Belum Buka Pendaftaran Pilkada 7 Kabupaten , Partai Demokrat Sumsel Masih Tunggu Juklak DPP Partai Demokrat

Menurutnya, Tama juga memiliki loyalitas tinggi terhadap partai.

“Saya yakin dia tidak mungkin berhianat. Dan saya tahu dia mampu membesarkan Partai Demokrat di Ogan Ilir. Karena dia tidak hanya memiliki SDM yang cukup, tapi modal juga ada,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel Ishak Mekki mengatakan, apel siaga diikuti 14 DPC kabupaten/kota di Sumsel, dengan rincian 8 DPC hadir langsung di Hotel Exelton, yakni DPC Demokrat PALI, OKI, Lubuklinggau, Prabumulih, Palembang, OKU, Banyuasin, Musi Rawas.

Kemudian 4 DPC sudah mengkonfirmasi hadir dan dalam perjalanan yakni DPC Demokrat Empat Lawang, Muratara, OKU Timur dan OKU Selatan, 2 DPC mengikuti secara virtual karena sedang berada di Jakarta (Ketua DPC Muara Enim dan Lahat).

Baca:  Tiga Ketua DPC di Sumsel Menghilang, DPD Sumsel Bakal Beri Sanksi

Sementara 3 DPC diketahui “menghilang” karena tak memberikan konfirmasi atau tak hadir, yakni DPC Ogan Ilir, Pagaralam dan Musi Banyuasin (Muba).

“Apel siaga ini karena kita mendengar desas desus bahwa ada gerakan KLB oleh GPK-PD, dan memang faktanya ini terjadi. Dari laporan yang masuk ke kita, gerakan ini sudah mempersiapkan KLB di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, yang berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang atau sekitar dua jam dari Kota Medan,” kata  Ishak. #osk