Sahabat Belajar Elpison Borong Medali POSI Nasional di Tengah Darurat Listrik

8

Muba, BP–Sahabat Belajar Elpison memborong medali di ajang POSI Tingkat Nasional di tengah kondisi darurat listrik.

Sahabat Belajar Elpison adalah tempat belajar untuk adik-adik dari pra TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa PTN. Mereka dapat belajar Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Komputer, dan pelajaran lainnya sesuai jenjang sekolahnya. Berlokasi di Desa Sumber Harum, Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, Sumsel..

Tempat belajar yang terbentuk tidak sengaja hasil pertemanan empat sekawan ini telah memberikan pengaruh positif dan sangat besar di wilayah Sumber Harum dan sekitarnya. Meskipun dalam masa pandemi Covif-19, 4 sekawan ini yaitu Tito Nurdiyanto, Setiyani, Mei Hidayati, dan Lilis Nurhayati terus semangat membimbing adik-adik untuk belajar dan meraih prestasi.

Sahabat Belajar Elpison yang memiliki hampir 90 siswa ini didominasi dari TK Mulia, SDN 1 Sumber Harum, SDN 2 Sumber Harum, SMPN 1 Tungkal Jaya, dan SMAN 2 Tungkal Jaya. Sebelum pandemi, selain belajar di dalam ruangan pembelajaran sering dilakukan di luar ruangan (outdoor). Tempat favorit selain ruang kelas adalah Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Sumber Harum. Ketika pandemi seperti ini, pembelajaran dilakukan secara daring dan luring, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca:  Terbatas Listrik dan Sinyal, Siswa SMA Negeri 2 Tungkal Jaya Meraih 7 Medali Ajang OSBMPTN POSI Tingkat Nasional

Tidak hanya prestasi dalam belajar di sekolah saja, namun ajang kompetisi pun banyak diikuti dan tak pernah ketinggalan meraih prestasi.

Dituturkan oleh Tito Nurdiyanto, Ketua Sahabat belajar Elpison, “Dalam kondisi darurat listrik dan signal di wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, terutama di Desa Sumber Harum, kami tetap semangat membimbing adik-adik untuk meraih prestasi. Setiap mengikuti kegiatan dan perlombaan yang sifatnya online, pagi-pagi buta sudah persiapan untuk mencari listrik dan signal yang stabil ke desa lain, bahkan diperbatasan wilayah kecamatan”.
Namun hal ini tidak menyurutkan semangat untuk terus berprestasi. Kerja keras yang berbuah manis dalam ajang Madrasah Science Competition (MSC) POSI Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada hari ini tanggal 28 Februari 2021, terdapat 6 siswa Elpison yang mendapat Medali Perunggu. Mereka adalah Dyva Rara Nurrahmah dan Adelia Rey Syahrani (Matematika SD), Jery Anggit Pratama (Matematika SMP), serta Puspita Rahayu, Shera Marchelanda Saputri, dan Prita Sephira Rahmadani (IPA SD).

Baca:  Pengawas Pembina Diknas Sumsel Takjub dengan Prestasi dan Proses KBM SMA Negeri 2 Tungkal Jaya

Sedangkan dalam ajang Kompetisi Sains Indonesia (KSI) yang diselenggarakan oleh POSI Indonesia bebrapa pekan lalu pada tanggal 7 Februari 2021, siswa Elpison yang mendapat Medali Perunggu Bidang IPA SD adalah Pramesty, Viola Kinetta, Janza Colli Uabelka, Yossy Andin, Asya Fiqah, Ananda Rizky, Ressy Ananda, Muhammad Latif, Syahgita Puan, dan Ita Muliya Sani untuk tingkat IPA SMP yang mendapat Medali Perunggu adalah Puspita Rahayu.

Baca:  Pengawas Pembina Diknas Sumsel Takjub dengan Prestasi dan Proses KBM SMA Negeri 2 Tungkal Jaya

Tidak hanya itu, Tutor Sahabat Belajar Elpison pun tak kalah berprestasi. Dua Tutor mendapat medali Perak dan Perunggu. Dalam Bidang Matematika ajang Olimpiade Numerasi dan Literasi (ONLI) POSI yang diselenggarakan pada tanggal 6 Februari 2021, Tito Nurdiyanto mendapat dua Medali Perak . Sedangkan pada ajang Kompetisi Nasional Indonesia (KSI), Tito Nurdiyanto dan Mei Hidayati mendapat Medali Perunggu pada Bidang Matematika dan Bahasa Inggris.

Besar harapan dengan semangat dan prestasi yang diraih tersebut, sarana prasarana listrik dan signal di wilayah Sumber Harum Tungkal Jaya stabil dan baik, bukan sebaliknya semakin terbelakang.#rel