SMB IV Pimpin Ziarah Makam Sultan-Sultan Palembang  Darussalam

10

BP/IST
Sebagai rangkaian Milad  Kesultanan Palembang Darusalam (KPD)  ke 355 tahun dan  sekaligus  Milad Kebangkitan Kembali Kesultanan Palembang Darussalam Ke-18, KPD menggelar ziarah  makam ke komplek pemakaman Sultan-Sultan Palembang Darussalam di sejumlah tempat di kota Palembang, Jumat (26/2).

Palembang, BP

Sebagai rangkaian Milad  Kesultanan Palembang Darusalam (KPD)  ke 355 tahun dan  sekaligus  Milad Kebangkitan Kembali Kesultanan Palembang Darussalam Ke-18, KPD menggelar ziarah  makam ke komplek pemakaman Sultan-Sultan Palembang Darussalam di sejumlah tempat di kota Palembang, Jumat (26/2).Acara berlangsung  khidmat  dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

Karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19  kegiatan ziarah ini juga dapat disaksikan langsung  secara virtual melalui aplikasi zoom dan Yotube.

Kegiatan  ziarah dipimpin Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV , Djayo Wikramo, RM Fauwaz Diraja SH Mkn  didampingi Ustad Ahmad Fauzi Bin KH Abdullah Zawawi Idzom.

Turut hadir diantaranya Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo,R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran  Mas’ud Khan, Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Suryo Vebri Irwansyah, politisi PKS yang juga anggota DPRD Sumsel , Mgs Syaiful Padli,  anggota  Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Komando Daerah (Komda) Sumatera Selatan (Sumsel) ,Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) Ersan Benyamin   dan anggotanya dan para ulama dan tokoh masyarakat kota Palembang.

Baca:  Ketika SMB IV Nobar Wayang Palembang Bersama Masyarakat, Forwida, dan Tiga Putra Kesayangannya

 

BP/IST
Sebagai rangkaian Milad  Kesultanan Palembang Darusalam (KPD)  ke 355 tahun dan  sekaligus  Milad Kebangkitan Kembali Kesultanan Palembang Darussalam Ke-18, KPD menggelar ziarah  makam ke komplek pemakaman Sultan-Sultan Palembang Darussalam di sejumlah tempat di kota Palembang, Jumat (26/2).

Ziarah diawali ke komplek pemakaman , pendiri Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Abdurahman di belakang Pasar Cinde  lalu dilanjutkan ke komplek  pemakaman, Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, di kawasan Kawah Tekurep di Kelurahan 3 Ilir, Palembang dan terakhir ke Komplek pemakaman,  Sultan Muhammad Mansyur, di Kawasan Kebon Gede, 32 Ilir, Palembang.

Dalam ziarah tersebut selain digelar prosesi pembacaan doa juga di jelaskan sejarah singkat Sultan- Sultan Palembang yang di kunjungi tersebut oleh Pangeran Suryo Vebri Irwansyah.

Baca:  KPD dan IKPM Sumsel Yogyakarta Jalin Kerjasama Untuk Kegiatan 200 Tahun Pembuangan SMB II di Ternate     

Menurut Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV , Djayo Wikramo, RM Fauwaz Diraja SH Mkn ,kegiatan ini adalah rangkaian dari Milad KPD  pada 3 Maret dan menuju 200 tahun pembuangan SMB II ke Ternate.

“ Hari ini kita mengunjungi makam Sultan-Sultan  Palembang yaitu Sultan Abdurahman di belakang Pasar Cinde , mengunjungi Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Sultan Ahmad Najamuddin , Sultan Muhammad Bahauddin dan Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diradja di kawasan Kawah Tekurep di Kelurahan 3 Ilir, Palembang.

“ Disini (Kawah Tekurep) ada beberapa sultan yang memerintah di Palembang,” katanya.

Baca:  Soal Ganti Rugi Jembatan Musi IV , Komisi IV DPRD Sumsel Sentil Wagub Sumsel

Dan terakhir menurutnya ziarah di akhir di makam Sultan Muhammad Mansyur, di Kawasan Kebon Gede, 32 Ilir, Palembang.

Sedangkan  Pangeran Suryo Vebri Irwansyah menambahkan kalau saat ini rombongan melakukan ziarah di komplek Pemakaman Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, di kawasan Kawah Tekurep di Kelurahan 3 Ilir, Palembang sebelumnya ke makam Sultan Abdurahman di belakang Pasar Cinde dan dilanjutkan ke makam Sultan Muhammad Mansyur, di Kawasan Kebon Gede, 32 Ilir, Palembang.

“Ziarah ini dalam rangkaian milad  pendirian Kesultanan Palembang Darussalam 3 Maret nanti puncaknya di 3 Maret kita adakan di Istana Adat Kesultanan  Palembang Darusalam, dan masih banyak kegiatan setelah ini ,” katanya.#osk