Ultimate magazine theme for WordPress.

Mediasi Sengketa Lahan Di Labi-Labi di Komisi I DPRD Sumsel Temui Jalan Buntu

BP/IST
Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar SH MH

Palembang, BP

Persoalan sengketa 32 hektar lahan tanah yang terletak di Labi-Labi dan Taman Murni Kelurahan Alang- Alang Lebar, antara masyarakat di 521 KK yang sudah di gusur oleh PT Timur Jaya Grup yang sempat di fasilitasi penyelesaian oleh  Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya menemui jalan buntu.

Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar mengaku telah melakukan upaya mediasi sehubungan dengan aspirasi masyarakat  tersebut.

Baca Juga:  Pemprov Alokasikan Rp202 M Untuk Guru Honorer

“ Dalam perjalanan kita  telah mengundang beberapa kali para pihak, dan agar kita beri waktu para pihak untuk  mengadakan musyawarah damai ternyata itu tidak  tercapai kesepakatan, “ katanya, Selasa (23/2).

Karena masalah ini sudah masuk dalam proses hukum menurut politisi PKB ini , kalau tidak tercapai kesepakatan maka proses hukumlah yang tampil tapi kalau ada kesepakatan maka selesai sampai disini.

“ Kami juga menerima surat dari  pemilik tanah melalui kuasa hukumnya Reza melalui surat resmi yang menyatakan mereka  tidak bersedia untuk dilakukan mediasi dan damai, karena mereka sudah melakukan proses hukum  pidana di Polda Sumsel, jadi mereka menyerahkan kepada proses hukum  dan tidak ada lagi proses mediasi, jadi kita mentok disitu, peran kita karena kasusnya ada perdata, kepemilikan segala macam  kemarin kita usahakan ada damai dan musyawarah mufakat , ternyata itu  tidak tercapai, “ katanya.

Baca Juga:  Raperda RZWP-3-K Disetujui Menjadi Perda

Kalaupun para pihak dipanggil lagi menurutnya sia-sia karena  salah satu pihak tidak mau lagi melakukan mediasi damai.

“ Biar masyarakat puas , senin kita jadwalkan  untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kewenangan dewan sudah selesi, karena  ada surat resmi dari  kuasa hukum pemilik tanah , mereka tidak akan ikut dalam mediasi dan musyawarah lagi,” katanya.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...