6 Bupati Terpilih Minus Pali Bakal Dilantik, Amrah : Tugas Kabupaten Sampai Penetapan Calon Terpilih

8

BP/IST- Amrah Muslimin

Palembang, BP

 

Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada tujuh Kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2020, yaitu OI, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, Muratara dan Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Dari tujuh Kabupaten tersebut enam kabupaten bupati terpilihnya akan dilantik. Satu kabupaten belum bisa dilantik lantaran masih proses Mahkamah Konstitusi (MK) dan akan diisi oleh Pj Bupati.

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengatakan tugas kabupaten  sampai dengan penetapan calon terpilih.

Baca:  DPRD Sumsel Tunggu Draf APBD –P Tahun 2020 Dari Pemprov Sumsel

“Jadi 6 Kabupaten minus Pali , jadi tugas kami selesai,” katanya, Selasa (23/2).

Sedangkan mengenai pelantikan bupati terpilih menurutnya kewenangan sepenuhnya Mendagri dan Gubermur

Kepala Biro Otonomi Daerah Setda Sumsel Sri Sulastri mengatakan, enam kabupaten yang bupati dan wakil bupatinya akan dilantik yaitu OI, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, dan Muratara.

Baca:  Pasien Covid-19 di Sumsel Bertambah Jadi 2.899

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk PALI karena sengketa dilanjutkan MK maka nantinya akan ada Pj Bupati. Rencananya dimungkinkan akan dilantik berbarengan dengan bupati terpilih di enam kabupaten tersebut.

Sebagaimana diinfokan sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menginformasikan bahwa pelantikan dilakukan pada Minggu ke empat Februari 2021.

Melihat bulan Februari ini hanya sampai tanggal 28, di tanggal 27 dan 28 Februari hari libur maka berkemungkinan akan dilakukan pelantikan pada 26 Februari 2021.

Baca:  Kapolda Sumsel Resmikan Mess Polwan

“Karena SK belum kami terima kemungkinan enam kabupaten yang akan dilantik dan satu lagi PALI karena sengketa dilanjutkan MK nantinya akan ada Pj Bupati,” katanya.

Sri juga mengatakan, pelantikan bupati ini infonya semua akan dilantik secara virtual baik bupati dan wakil bupati.#osk