Home / Headline / Pertama di Indonesia, Bupati Muba Dodi Reza Latih Kemampuan Intelijen Pegawai ke BAIS

Pertama di Indonesia, Bupati Muba Dodi Reza Latih Kemampuan Intelijen Pegawai ke BAIS

BAIS TNI Sematkan Dodi Reza Pin Dharma Wira Waskita

Bogor, BP–Komitmen dan realisasi Bupati Musi Banyuasin, Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dalam mencegah, meminimalisir serta mempertahankan zero konflik sangat nyata di Indonesia.

Banyak program yang diinisiasi Bupati Dodi Reza terbukti dan bukan isapan jempol belaka bahwa Muba selalu bisa mempertahankan zero konflik.

Untuk meningkatkan kenyamanan hidup tanpa konflik, kali ini tepat pada 22 Februari 2021 Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA memboyong 40 pegawai ASN untuk dilatih kemampuan deteksi dini. Peserta angkatan pertama yang terdiri dari camat, trantib, dan OPD ini dilatih kemampuan Intelijen oleh Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

“Ini menjadi pelatihan Intelijen pertama di Indonesia yang dilakukan Pemerintah Daerah dengan mengirim pegawainya untuk lebih mengoptimalkan Deteksi Dini dan Cegah Dini (Deni Ceni) setiap potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di wilayah Muba,” ujar Komandan Satuan Induk (Dansat Induk) BAIS TNI, Laksmana Pertama TNI, Akmal SAP di sela Upacara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan
Intelijen Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2021 di Kelas “J” Satinduk Bais TNI, Bogor, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA punya komitmen tinggi dalam menjaga keamanan dan stabilitas wilayah dan mempertahankan zero konflik. “Indonesia akan semakin kondusif dengan adanya komitmen yang kuat dari Kepala Daerah seperti Bupati Muba Dodi Reza untuk menjaga ketentraman dan keamanan wilayah,” imbuhnya.

“Semoga Indonesia semakin kondusif, dan daerah lainnya di Indonesia punya komitmen tinggi seperti Muba untuk menjaga keamanan daerah,” tambahnya.

Akmal SAP menambahkan, pelatihan yang diikuti 40 peserta ini akan dilaksanakan selama lima hari. “Pelatihan akan dilakukan selama 5 hari kedepan, dengan materi seputar peningkatan kemampuan Intelijen bagi ASN dan upaya cepat meminimalisir dan mencegah konflik. Ini merupakan angkatan pertama. Ke depan akan ada angkatan kedua,” ulasnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA berharap peserta pelatihan serius. Semua aparatur Pemkab Muba, kata dia, wajib mengetahui lebih cepat dan mencegah lebih dini kondisi yang bakal terjadi dan memunculkan konflik di masyarakat.

“Sehingga penanganan permasalahan yang akan terjadi baik itu bencana alam maupun non alam lebih cepat ditanggapi atau diminimalisir,” ujar Kepala Daerah Inovatif 2020 itu.

Pemegang Brevet Wing Terbang Layang Hingga Brevet Penembak ini menambahkan, Muba sangat strategis dan mempunyai Proyek Strategis Nasional ( pengembangan bensin sawit/ biofuel dan jalan tol ), dan kekayaan objek vital blok-blok gas yang harus terus dijaga keamanannya. ” Pelatihan ini sangat penting bagi ASN di Muba untuk dapat lebih maksimal bersinergi dengan aparat penegak hukum di wilayah Muba,” tandasnya.

Dodi ingin personil yang sudah dilatih akan lebih handal, tanggap dan peka dalam mendeteksi dini dan mencegah dini setiap potensi ATHG yg timbul di wilayah masing-masing.

“Kepada Kesbangpol Muba yang memiliki fungsi sebagai mata dan telinga kepala daerah, untuk dapat mendayagunakan aparatur yang sudah terdidik dan terlatih di bidang intelejen sebagai ujung tombak pemeliharaan stabilitas daerah Kabupaten Musi Banyuasin”, tutupnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dalam kesempatan tersebut disematkan BAIS TNI penghargaan PIN Dharma Wira Waskita.

Juga mengikuti latihan menembak bersama BAIS TNI hingga disematkan PIN kehormatan. Turut mendampingi Bupati Muba antara lain Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Yudi Herzandi SH MH, Inspektur Drs Aidil Fitri MSi, Kaban Kesbangpol Soleh Naim SE MM, Kadin Kominfo Herryandi Sinulingga AP, Kabag Kerjasama Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH dan Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Muba Rangga Perdana Putra SSTP.

Kemudian, Komandan Satuan Induk (Dansat Induk) BAIS TNI, Laksmana Pertama TNI Akmal SAP turut didampingi Dir D BAIS TNI Marsekal Pertama Tawakal, Dir H BAIS TNI Brigjen TNI Bambang Siswanto, dan Wadan Sat-Induk BAIS TNI Kolonel Sus Rahmat Mestika.
[22/2 18:15] Dudy Oskandar: Sekda Muba Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Al-Hijrah Desa Teluk

LAIS – Sebelum memimpin Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-164 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2021 di Halaman Kantor Kecamatan Lais, ada syiar yang dilakukan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi. Ia mengawali dengan Peletakan Batu Pertama pembangunan Masjid Al-Hijrah Desa Teluk, Senin (22/2/2021).

Apriyadi menandai dimulainya pembangunan masjid di atas tanah seluas 30×35 meter persegi. Lahan untuk Masjid Al-Hijrah ini merupakan tanah hibah Lutfi Bin Anang Kirom warga setempat yang mengikhlaskan tanah miliknya untuk pendirian Masjid Al-Hijriah nantinya.

Kepada masyarakat, Apriyadi memaklumatkan dirinya menyumbang 100 sak semen untuk pembangunan masjid ini. Dirinya berpesan agar pembangunan masjid segera dilakukan dan dikerjakan sebaik mungkin.

“Kami menyarankan agar panitia pembangunan bisa berkoordinasi dengan anggota dewan dari dapil 4, mereka ini nantinya bisa memberikan sumbangan baik moril maupun materiil pembangunan tersebut,”ujar Sekda Muba.

Senada dengan Sekda Muba, Camat Lais Demon Hardian Ekasuza SSTP MSi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemberi wakaf tanah untuk pembangunan rumah ibadah tersebut

Kades Teluk Nuraidah mengucapkan terimakasih kepada Sekda Muba dan Camat Lais. Menurutnya, dukungan dan bantuan Pemkab Muba sangat dibutuhkan agar pembangunan berjalan lancar, dirinya juga berharap pembangunan dapat disegerakan.

Ketua Pelaksana pembangunan, Syamsul Bahri mengatakan siapapun yang ingin memberikan sumbangan akan diterima, bisa melalui Rekening panitia maupun secara langsung.#