Anggota DPR RI Komisi X Sebut Banyak Bagian di Museum Sumsel Perlu Perawatan

5

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota DPR RI Komisi X (Bidang Pendidikan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif , Pemuda dan Olahraga) H. Mustafa Kamal, S.S

Palembang, BP

Anggota DPR RI Komisi X (Bidang Pendidikan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif , Pemuda dan Olahraga) H. Mustafa Kamal, S.S mengatakan, dalam kunjungan Komisi X DPR RI ke Palembang pihaknya sengaja mengunjungi objek  kebudayaan bagian dari mitra Komisi X  di Dirjen Kebudayaan di  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan termasuk Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputra Dewa, Palembang.

“ Museum Balaputra Dewa ini kita pilih , mudah-mudahan  bisa ada perhatian lebih dari pemerintah pusat, baik dari sudut kebudayaan maupun  pariwisata, kita berharap Dirjen Kebudayaan  dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bisa memberikan alokasi  anggaran yang  lebih baik lagi kedepan, karena museum memerlukan  revitalisasi,” katanya saat Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Senin (15/2).

Baca:  DPRD Sumsel Prihatin , Dua Tahun Terakhir LVRI Sumsel Tidak Dibantu Dana Sama Sekali

Dia melihat sudah banyak bagian-bagian dari Museum Sumatera Selatan Putra Dewa perlu perawatan dan untuk bisa diterima oleh khalayak juga harus layak.

“Ini ada hal-hal yang perlu di modernisir, dengan sentuhan IT misalnya  supaya lebih gaul dengan  anak muda, oleh karenanya  disini juga hadir Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif supaya ini  bisa dikembangkan lebih optimal lagi  sebagai objek wisata, cuma catatannya memang kalaumau jadi objek wisata  harus menarik, harus ada yang bisa di jadikan ikonnya, ada apa disini , ada ceritanya juga iya khan , jangan datar-datar bae , informasi disini museum  itu khan kuno ,”katanya.

Baca:  Implementasi Kebijakan Vaksinasi Gratis Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Menurutnya dengan bahasa gaul , bahasa anak muda , bahasa publik  dan harus banyak tempat-tempat , spot-spot yang  instagramable sehingga bisa menarik.

“ Banyak sebetulnya  tapi sayang karena  sudah usia , memerlukan sentuhan  kreatif yang lebih segar lagi , yang lebih aktual lagi, untuk museum ini tujuan kita ,” katanya.#osk

 

 

 

 

Baca:  Masyarakat Sumsel Terima Bantuan Listrik Gratis dan Sembako Gratis