Pangdam II Sriwijaya Lantik 307 Prajurit Bintara TNI AD Rindam UU/Swj

15

Palembang, BP

Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, memimpin Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Prajurit Karier (PK) TNI AD TA 2020 OV, Sabtu (13/2) pagi, bertempat di Lapangan Secaba Rindam II/Swj Putang – Lahat.

Dalam upacara penutupan pendidikan tersebut, selaku Inspektur Upacara (Irup), Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi melantik sebanyak 307 Bintara PK TNI AD dengan pangkat Sersan Dua (Serda), selanjutnya mengambil sumpah kepada perwakilan mantan siswa Dikmaba menurut agama dan kepercayaan masing-masing didampingi para rohaniwan.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan juga penyematan tanda pangkat Bintara oleh perwakilan prajurit Bintara. Selain itu, Pangdam II/Swj juga memberikan tanda penghargaan kepada para mantan siswa Bintara yang berprestasi, Terbaik Umum, a.n. Serda Muhammad Irsandi Harianto, Kelahiran Lahat, 13 Januari 2001.

Baca:  Kowad Kodam II Sriwijaya Gelar Donor Darah

Mengawali amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi mengucapkan selamat kepada para mantan Prajurit Siswa Bintara PK, atas keberhasilannya selama 5 bulan dalam menyelesaikan Pendidikan Pertama Bintara di Lembaga Pendidikan Rindam II/Swj. “Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan prajurit siswa, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Tahap – I dan dilantik menjadi prajurit TNI AD dengan pangkat Sersan Dua”, ucap Mayjen TNI Agus Suhardi.

Pangdam juga mengatakan bahwa, prosesi pelantikan tersebut menandai perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AD. “Perubahan status ini memiliki konsekuensi terhadap pola pikir, pola sikap dan pola tindak kalian sebagai prajurit. Kalian telah diikat oleh aturan hukum dan disiplin militer yang berlaku di lingkungan TNI AD, seperti ; Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI”, tegas Pangdam.

Baca:  Wisatawan Malaysia Banyak Kunjungi Museum SMB II

Sebelum mengakhiri amanatnya, Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus, kepada Danrindam II/Swj beserta Staf, para Gumil, Pembina dan Pelatih, atas kerja kerasnya dalam melaksanakan pendidikan Bintara, sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai rencana. “Lakukan evaluasi secara objektif sebagai langkah pembenahan terhadap sepuluh komponen pendidikan guna meningkatkan kualitas hasil didik di masa yang akan datang”, ujar Lulusan Akabri 1988 ini.

“Selanjutnya, kepada para Bintara remaja beserta keluarga yang hadir, sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilannya dan selamat mengikuti pendidikan selanjutnya di kecabangan masing-masing”, imbuhnya.

Baca:  Pasukan Raider Lumpuhkan Teroris di Palembang

Gegap gempita suara yel-yel mantan siswa Dikmaba Tahap I TNI AD TA 2020 OV memecah kesunyian di Lapangan Secaba Rindam II/Sriwijaya.

Teriakan yel yel dan joged khas TNI AD ini menandai selesainya rangkaian upacara penutupan Dikmaba yang dipimpin oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapok Sahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Puji Cahyono, Danrindam II/Swj, Aspers Kasdam II/Swj, beberapa Kabalakdam II/Swj, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Lahat, Para Dansadik jajaran Rindam II/Swj, Ketua Persit beserta Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya dan keluarga para mantan siswa Bintara Rindam II/Swj.#osk