Banjir di Palembang, Harus Ada Langkah Tegas Terhadap Pelanggar Lingkungan

15

Palembang, BP

Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di kota Palembang, Jumat (12/2), menyebabkan beberapa titik jalan terjadi genangan atau banjir, hingga viral di kalangan penggiat media sosial (Medsos) Kota Palembang

Hal itu mendapat perhatian serius berbagai pihak, salah satunya dari wakil rakyat yang duduk di Komisi III DPRD kota Palembang, Ruspanda Karibullah.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD kota Palembang ini mengatakan, Pemkot Palembang sudah melakukan penanganan antisipasi banjir namun menurutnya harus ada langkah-langkah tegas terhadap pelanggar yang berkaitan dengan lingkungan.

Baca:  Ketua DPRD Sumsel Bersyukur Pelaksanaan Pemungutan Suara Berjalan Kondusif

Menurutnya, kontur lahan yang ada di ibu kota Sumatera Selatan (Sumsel) ini adalah rawa. Oleh karenanya, aturan terkait perda rawa harus ditegakkan, karena ada rawa yang boleh ditimbun ada juga yang tidak boleh ditimbun.

Selain itu, izin penimbunan harus diperketat, Sehingga pengusaha atau orang yang mau menimbun rawa tidak sembarangan. Jika, semakin banyak rawa di timbun, maka semakin banyak resapan air yang hilang

“Genangan itu tetap akan ada. Tinggal Pemkot Palembang memastikan aliran air tetap mengalir, meskipun hujan deras. Saluran harus menjadi perhatian serius, jangan sampai tersumbat,” katanya, Sabtu (13/2).

Baca:  Komisi IV DPRD Sumsel Rekomendasikan Aktifitas Operasional Pabrik Panel Kayu di Indralaya Ditutup Sementara

Politisi Muda PAN ini mengaku, pihaknya terus berupaya mengingatkan, dinas terkait agar saluran air bisa berjalan normal. Untuk mengatasi persoalan yang selalu terulang setiap tahun ini, tidak cukup hanya teori, butuh kerja nyata dan melibatkan semua pihak.

Sebelumnya, Ruspanda mengajak warga yang ada di dapil IV, melakukan gotong royong pembersihan sungai dan lingkungan di Jalan Purwosari, RT 49 Kelurahan bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni.

“Banyak cara untuk mengatasi persoalan ini, tinggal kemauan dan keseriusan, mualilah dari hal kecil, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Baca:  Pihak PD Prodexim Tidak Datang Rapat dan Tak Beri Data , Pansus I Minta Perpanjangan ¬†Pembahasan Raperda PD Prodexim

Dalam dua hari terakhir, Kota Palembang diguyur hujan dengan instensitas tinggi, membuat pejabat Pemkot Palembang turun kejalan, bahkan Sekertaris Daerah (Sekda) Ratu Dewa meminta jajarannya untuk siaga dilokasi titik-titik genangan air.

Dari pantauan terdapat dibeberapa titik lokasi seperti Jalan Sudirman tepatnya Simpang Polda, Kawasan Kambang Iwak (KI), Jalan Kolonel H Burlian, tepatnya di depan loket Perum Damri, simpang lima DPRD Sumsel, kawasan sekip dan lainnya.#osk