Home / Headline / Pemberitaan Berkualitas  Memotivasi dan Memulihkan Aktivitas Perekonomian di Sumsel

Pemberitaan Berkualitas  Memotivasi dan Memulihkan Aktivitas Perekonomian di Sumsel

BP/IST
Suasana puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 serentak di Griya Agung Palembang, Selasa (9/2).

Palembang, BP

Ratusan wartawan memadati pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 serentak di Griya Agung Palembang, Selasa (9/2).

Tampak hadir Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Ketua PWI Sumsel, Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, H Firdaus Komar Spd MSi, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Ocktaf Riady, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), H Kurnati Abdullah, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi MM, para pimpinan redaksi media massa, dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara itu di Peringatan HPN 2021 di Griya Agung Palembang tetap mematuhi protokol kesehatan (protokes Covid-19). Sebelum masuk, para tamu undangan diukur suhu tubuhnya oleh petugas Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel. Tersedia juga tempat mencuci tangan, masker dan menjaga jarak.

Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) saat memberikan arahan kepada insan pers di Sumsel usai menghadiri acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 bersama Presiden RI, Joko Widodo secara virtual dari Aula Griya Agung Palembang, Selasa (9/2).

“Secara nasional kita merayakan HPN dengan tema yang menarik, yaitu pers adalah akselerator perubahan. Saya memaknai ini bahwa pers harus jadi garda terdepan dalam perubahan perilaku menghadapi new normal melalui pemberitaan yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, HD berharap dengan adanya pemberitaan yang berkualitas dapat memotivasi dan segera memulihkan aktivitas perekonomian Indonesia khususnya Sumsel.

HD meminta rekan-rekan wartawan untuk terus survive dan tetap meningkatkan kompetensi dengan memperhatikan etika jurnalistik dalam memetik informasi dan menyebarkan informasi dengan menerapkan fungsi edukatif, menyesuaikan tema HPN 2021.

“Karena kita masih belum tahu sampai kapan Covid-19 akan berlangsung. Yang sementara ini ada Vaksin sebagai penguat. Saya akan mintakan pendataan vaksin dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk insan pers kemudian instruksikan ke Dinkes selanjutnya akan ditinjau formatnya sehingga dapat diberlakukan di seluruh Sumsel,” ungkapnya.

Sesuai tema HPN 2021, pers adalah akselerator perubahan, HD berharap hal ini juga dapat memotivasi bagi seluruh insan pers di Indonesia khususnya Sumsel juga dapat terus berkarya mencari solusi dalam membantu perekonomian masyarakat.

“Jika kita akselerator hal ini harus dapat membawa perubahan ke negara kita. Semangat bagi insan pers hasilkan berita positif melalui sumber terpercaya, mudah-mudahan kepercayaan dapat terpupuk dan jadi modal akselerasi pemulihan ekonomi di negara kita,”pungkasnya

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) untuk seluruh insan pers yang ada di Indonesia. “Terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan pers yang telah menjadi jembatan informasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam menjaga optimisme serta harapan untuk masyarakat. Dan membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk patuh protokol kesehatan,” ujar Jokowi

Jokowi mengatakan covid-19 juga memberikan dampak pada industri pers, oleh karena itu Pemerintah juga memberikan insentif ke industri media yang juga diberikan kepada industri lainnya seperti pembebasan listrik dan pajak.

“Saat ini Pemerintah sedang bekerja keras mempersiapkan vaksinasi bagi masyarakat. Akhir februari ini juga disiapkan vaksin sebanyak 5000 untuk awak media. Kita sedang fokus vaksinasi tenaga kesehatan dan juga pelayan masyarakat,” katanya.

Jokowi menegaskan bahwa Pemerintah akan terus membuka diri atas aspirasi dari insan pers. Ia mengajak setiap insan pers membangun harapan dan optimisme sehingga bersama-sama dapat berhasil melalui krisis kesehatan ekonomi dan meraih berbagai lompatan kemajuan.#osk