Ketua DPD RI Sarankan Mendikbud Bikin Kurikulum Masa Darurat

5

Jakarta, BP–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Nasional Dalam Masa Darurat. SE itu dikeluarkan untuk mengedepankan keselamatan karena Covid-19 semakin tak terkendali.
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta agar implementasi SE ini selaras dengan kebijakan di daerah masing-masing. Kendati begitu, harus ada solusi lain yang diambil Mendikbud selain menerbitkan SE tersebut.
“Harus ada solusi lain mengenai kriteria kelulusan agar kasus tidak naik kelas yang mengancam ribuan siswa di beberapa daerah tak terulang lagi, karena jaringan internet yang buruk sehingga siswa tak bisa mengikuti ujian,” kata LaNyalla dalam keterangan, Jumat (5/2).
Selain itu, dia meminta Mendikbud belajar dari pengalaman saat ini, terkait merebaknya virus Covid-19 yang mengganggu proses belajar mengajar. “Sebaiknya Mendikbud membuat kurikulum darurat yang dapat digunakan pada kondisi khusus, seperti sekolah dalam kebencanaan atau kejadian lain, sehingga kita tidak gagap menghadapi permasalahan,” tuturnya.#duk

Baca:  Ketua DPD RI: Keberadaan Sea and Coast Guard Telah Diatur Dalam UU