Home / Headline / CPI Kunjungi Gua Jepang

CPI Kunjungi Gua Jepang

Palembang, BP

Palembang masih menyimpan sebuah misteri yaitu sebuah gua bawah tanah sepanjang lebih dari 5 Kilometer. Organisasi Masyarakat (Ormas) Cakrawala Perjuangan Indonesia (CPI) tergerak untuk mengungkap hal tersebut dan mendatagi Gua Jepang di KM5, Rabu(3/2)

Ketua CPI Kgs.Ilham Akbar bersama jajaran yaitu M. Yandi Pratama, M. Setiwan, dan M. Jerri Diansyah pada pukul 13.00 WIB memasuki mulut gua hingga kedalam yang merupakan sebuah bangker. Lantas dibawah bangker tersebut terdapat sebuah gua lagi yang diduga sebagai lorong sepanjang lebih dari 5Km.

Warga sekitar bernama Riski mengatakan bahwa, isu tentang gua panjang yang ditaksir hingga menuju Benteng Kuto Besak tersebut memang beredar dimasyarakat serta penggiat sejarah tetapi sampai kini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai isu tersebut.

Kgs.Ilham selaku ketua umum sangat menyayangkan jika warisan sejarah tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. “Sangat memprihatinkan dan perlu kerja sama dari seluruh pihak.” Ungkapnya

Gua yang terletak di tanah aset Pemerintah Daerah tersebut kelihatan kurang terawat, terbukti banyak sampah serta bekas kaleng aibon didalamnya.

Setiawan selaku kabid wawasan kebangsaan mengatakan bahwa, sedang merencanakan sesuatu bersama ketua umum untuk memperjuangkan perawatan dan revitalisasi peninggalan sejarah tersebut.
“Kami dari CPI akan membuka dan merawat peninggalan sejarah ini,” ungkapnya.

Jerry selaku kabid pengkajian isu hukum dan sosial politik mengatakan, bahwa perlu dilakukan kajian hukum terlebih dahulu mengingat tempat ini adalah cagar budaya. “Kita perlu kaji dulu secara yuridis mengenai status tempat ini,” ungkapnya.

Di sisi lain kami mencoba mencari tahu sejarah tempat ini dengan terus menjalin komunikasi dengan para sejarawan Kota Palembang. “Kami sedang menjalin komunikasi,” Ujar Yandi selaku Kabid Eksternal.#osk