Home / Headline / Sidak Tengah Malam , Petugas Lapas Merah Mata Temukan Sejumlah Barang Terlarang

Sidak Tengah Malam , Petugas Lapas Merah Mata Temukan Sejumlah Barang Terlarang

BP/IST
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Merah Mata Palembang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kamar – kamar warga binaan pemasyarakatan Selasa (26/1) malam.

Palembang, BP

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Merah Mata Palembang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kamar – kamar warga binaan pemasyarakatan Selasa (26/1) malam.

Selama dua jam sidak petugas berhasil menemukan barang barang yang dilarang  dari 48 unit handphone, 133 korek gas, 41 charger, 20 potong kabel, 4 kuali, 1 rice cooker dan 10 jepit kuku dan 30 sendok.

Kepala Lapas Merah Mata Kelas 1 Palembang Kardiyono mengatakan, razia ini dilakukan untuk meminimalisasi masuknya barang-barang yang dilarang ke dalam Lapas.

“Untuk itu kita menerjunkan sebanyak 50 personil guna memeriksa dan menggeledah semua blok dalam Lapas Merah Mata,” ujarnya.

Kardiyono mengakui, masuknya barang berbahaya itu menjadi catatan mereka untuk lebih memperketat pemeriksaan ke sel tahanan.

Namun, para warga binaan itu sering memasukan barang berbahaya ketika petugas sedang lengah.

“Contohnya carter yang dibentuk pisau, itu diambil saat ada kegiatan. Ini juga jadi koreksi bagi kami untuk lebih jelih lagi,”ujarnya.

Ditegaskan Kardiyono, para warga binaan yang kedapatan menyimpan barang berbahaya akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran mereka.

“Kami mengedepankan komitmen untuk meminimalisir barang berbahaya, kalaupun ada pelanggaran, harus sesuai ketentuan,”jelasnya.

Saat disinggung apakah razia ini dilakukan terkait penangkapan 171 kg sabu, puluhan ribu butir ekstasi dan kapsul MDMA asal Malaysia oleh BNN pusat yang diduga dikendalikan seorang tersangka yang merupakan Napi Lapas Kelas 1 Merah Mata, bernama Daeng Sabil, Kadiyono hanya menjelaskan bahwa Razia tersebut bagian kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya.#osk