Ultimate magazine theme for WordPress.

KPD dan IKPM Sumsel Yogyakarta Jalin Kerjasama Untuk Kegiatan 200 Tahun Pembuangan SMB II di Ternate     

BP/IST
Sejumlah pelajar dan mahasiswa yang tergabung Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa  (IKPM)  Sumatera Selatan (Sumsel) , Yogyakarta menggelar silaturahmi  bersama Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) di Jalan Sultan M Mansyur, Palembang, Minggu (24/1) sore.

Palembang, BP

Sejumlah pelajar dan mahasiswa yang tergabung Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa  (IKPM)  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) , Yogyakarta menggelar silaturahmi  bersama Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) di Jalan Sultan M Mansyur, Palembang, Minggu (24/1) sore.

Turut hadir Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, Pangeran  Mas’ud Khan, Pangeran Suryo Febri Irwansyah     , Ust Kgs Mustofa Azhari, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir,Pangeran  Kesumo Abdul Ghofar.

Menurut , Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn, kedatangan  pelajar dan mahasiswa IKPM Sumsel Yogyakarta ingin bersilaturahmi  dan ingin turut berpartisipasi  dengan kegiatan Kesultanan Palembang Darussalam khususnya di kegiatan 200 tahun pembuangan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di Ternate.

Baca Juga:  KPD dan Dinpusda Sumsel Sepakat Jalin Kerjasama Bidang Kebudayaan

“ Mereka ingin berkontribusi  bagaimana dan  dan peran apa yang bisa  mereka kerjakan , karena mereka ingin supaya adat, budaya dan sejarah di Sumsel tetap terjaga,” katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi kedatangan pelajar dan mahasiswa IKPM Sumsel Yogyakarta karena menurut SMB IV, mereka adalah pelajar dan mahasiswa yang merupakan salah satu duta –duta budaya  diluar Sumsel dan ketika mereka ke Yogyakarta sebagai pelajar dan mahasiswa akan membawa nama Sumsel  sehingga bisa membawa nama baik  bagi Sumsel.

Baca Juga:  Anggaran Pembebasan Lahan Jembatan Musi IV Capai Rp340,6 Miliar.

Sedangkan Ketua Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa  (IKPM)  Sumatera Selatan (Sumsel) , Yogyakarta, Mahali Andi mengaku tujuan ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) untuk bersilaturahmi dan ingin mengenal Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn dan kediamannya.

Selain itu pihaknya juga berkunjung  ke alumni dan sesepuh IKPM Sumsel Yogyakarta termasuk Pemprov Sumsel  termasuk budayawan Sumsel.

“ Dalam pertemuan tadi yang  kita sampaikan  terkait kerjasama antara IKPM Sumsel  Yogyakarta dengan Kesultanan Palembang ini  ada beberapa agenda , yang pertama  agenda yang besar memperingati 200 tahun pembuangan SMB II ke Ternate akan diperingati di Yogyakarta dan  kota Palembang, Insya Allah,” katanya.

Baca Juga:  Psikologi Masyarakat Capai Titik Jenuh, SMB IV Berharap Tahun Depan Vaksin Corona Dibagikan Gratis

Selain itu dari hari ini kedepannya pihaknya akan membesarkan budaya Sumsel di tanah  Yogyakartadengan banyak agenda.

Sedangkan Budi Prasetyo  Ketua II IKPM Sumsel Yogyakarta menambahkan,  sejak dari awal pihaknya ingin menggali potensi budaya di Provinsi Sumsel .

“ Di generasi hari ini  khan banyak  sejarah-sejarah kita yang  tersempal macam-macam kebudayaan  yang masuk di Indonesia hari ini, makanya kita coba menggali,  sempat senior kita bilang kalau pendidikan kita hari ini   adalah raja  maka kebudayaan adalah panglimanya,” katanya.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...