PDIP Sumsel Tanam 1.000 Bibit Pohon dan Buah Serentak Seluruh Sumsel

9

BP/DUDY OSKANDAR
Dalam rangka turut peduli melestarikan lingkungan, pada rangkaian Hari Ulang Tahunnya ke-48, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sumsel menggelar penamanam seribu batang pohon yang dipusatkan  di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumsel di TPKS (Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya) Jl Syakyakirti, Karanganyar, Gandus Palembang, Sabtu (23/1).Kegiatan ini juga  digelar serentak di seluruh daerah, termasuk di 17 DPC PDIP kabupaten/kota se-Sumsel.

Palembang, BP

Dalam rangka turut peduli melestarikan lingkungan, pada rangkaian Hari Ulang Tahunnya ke-48, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan  penamanam 1.000 batang pohon yang dipusatkan  di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumsel di TPKS (Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya) Jalan Syakyakirti, Karanganyar, Gandus Palembang, Sabtu (23/1).

Kegiatan ini juga  digelar serentak di seluruh daerah, termasuk di 17 DPC PDIP kabupaten/kota se-Sumsel.

“Penanaman 1.000 pohon ini rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan. Ada banyak kegiatan yang kita lakukan salah satunya penanaman pohon. Kalau di tanggal 11 Januari 2021 kemarin kita sudah acara HUT, kemudian membagikan tumpeng, maka di tanggal 23 ini kita penanaman pohon dilaksanakan serentak di 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan juga,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas SE MM didampingi Sekretarisnya HM Ilyas Panji Alam dan jajarannya disela-sela penamanan pohon di TPKS Gandus, Palembang.

Baca:  PDIP Gugat Tiga Wilayah di Sumsel Ke MK

Turut hadir Sutomo mewakili Dishut Sumsel yang membantu menyalurkan bibit pohon, Kepala UPTD TPKS Nur Yasin, Bupati Muratara Terpilih Devi Suhartoni yang juga Ketua Pemberdayaan Kerakyatan DPD PDIP Sumsel.

Menurutnya , kegiatan tanam pohon ini menurutnya merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. Yang bertujuan melestarikan lingkungan sekaligus menyelematkan dari terjadinya kerusakan ekosistem di lingkungan tersebut.

“Gerakan penanaman serentak 1.000 bibit pohon dan buah ini juga bertepatan dengan HUT Ibu Ketua Umum DPP PDIP ke-74 tahun tepat pada hari ini. Semoga dengan kegiatan ini menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih lestari,” kata Giri.

Baca:  Megawati Pimpin Rakerdasus DPD PDIP Sumsel

Selain TPKS, juga dipilih di sepanjang tepian Sungai Musi untuk ditanami bibit pohon pelindung, salah satunya untuk mengurangi abrasi di sepanjang alur sungai kebanggaan warga Palembang ini

“Dan kami juga ini sebagai kado hadiah untuk Ibu Megawati Soekarno Putri yang hari ini berulang tahun juga. Bahwa beliau selalu bicara sangat konsen bagaimana penanganan lingkungan pencegahan banjir dan segala macam,” kata Giri yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel.

Giri  mengaku prihatin dengan hutan termasuk di Sumsel yang saat ini juga sudah dilakukan konservasi.

Baca:  Dukungan Pilkada 7 Kabupaten Di Sumsel, PDIP Baru Usung Calon Di Muratara

“Semoga jangan sampai di Sumsel ekosistemnya rusak,” kata Giri.

Sementara Ketua Panitia Made Indrawan ST MM mengatakan selain dilakukan penanaman di lingkungan TPKS ini, juga di sepanjang pinggiran Sungai Musi.

,           Made Indrawan,ST,MM menambahkan bibit pohon dan buah yang ditanam ini beraneka macam. Mulai dari bibit Bambang Lanang yang merupakan tanaman khas Sumsel, Gaharu dan anek macam bibit buah-buahan. Diantaranya Sirsak, Nangka, Manggis dan Sukun.

“Untuk penyediaan bibit kita bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Sumsel. Mereka yang menyiapkan bibitnya,” kata Made yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Sumsel Bidang Tani dan Nelayan ini.#osk