Gajah Liar Rusak Tanaman Warga Di Air Sugihan, DPRD Sumsel Minta Aparat Bertindak

15

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota Komisi IV DPRD Sumsel Askweni

Palembang, BP

Warga Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini resah lantaran  kawanan gajah liar melakukan aksi teror dan pengrusakan tanaman milik warga .Hingga kini belum ada tindakan aparat terkait kawanan gajah liar tersebut.

Ketua Fraksi PKS DPRD Sumsel Askweni meminta aparat terkait bertindak atas aksi kawanan liar gajah tersebut sudah sangat meresahkan warga.

Baca:  DPRD Sumsel Minta OPD Terkait Evaluasi Pembebasan Lahan Musi IV

Menurutnya tahun kemarin malahan ada anggota TNI meninggal akibat diinjak gajar Air Sugihan tersebut.

“Jadi itu terusik ekosistim gajah-gajah itu , malahan tahun kemarin ada tentara meninggal satu oleh gajah itu , kita mengharapkan pihak yang bertanggungjawab , Pemkab OKI dan BKSDA mengambil tindakan,” katanya, Rabu (20/1).

Anggota Komisi IV DPRD Sumsel ini memperkirakan aksi teror yang dilakukan gajar liar tersebut kemungkinan habitat gajah-gajah tersebut sudah terbatas dan membuat gajah-gajah tersebut terganggu.

Baca:  DPRD Sumsel Harapkan Cabor Manfaatkan JSC Dengan Even Nasional Dan Internasional

“ Ada warga lapor ke kita soal gajah-gajah tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Anggota Babhinsa Koramil 402/14/Air Sugihan OKI, Sertu Iskandar Zulkarnain meninggal dunia setelah diinjak gajah yang mengamuk di Desa Banyu Biru, Kabupaten OKI, Rabu (4/3/2020).

Peristiwa memilukan itu terjadi saat Sertu Iskandar sedang berupaya membantu warga desa mengusir gajah liar yang mengamuk di perkampungan tersebut.#osk