Ultimate magazine theme for WordPress.

Rakor DPD Sub Wilayah Barat I Sepakati Pembentukan Kaukus Sumatera

Sultan B Najamuddin

Jakarta, BP–Anggota DPD RI Sub Wilayah Barat I menyepakati pembentukan Kaukus Sumatera sebagai wadah perjuangan regional mengawal aspirasi rakyat Sumatera. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamuddin dalam Rapat Koordinasi Anggota Sub Wilayah Barat I di Kepulauan Seribu, Jumat (15/1).
Menurut Sultan, kawasan Sumatera mempunyai banyak keunggulan. Setiap anggota DPD RI asal Pulau Sumatera pasti memiliki gagasan atau pemikiran tentang pengembangan daerah pemilihannya. Untuk itu, Sultan berharap rapat koordinasi dapat menginventarisir masalah di kawasan Sumatera dan selanjutnya menghasilkan rekomendasi bersama yang bersifat implementatif.
“Ini merupakan momentum kita mengeksplore semua wacana, ide serta gagasan kita dalam agenda menjembatani kepentingan daerah serta kepentingan lembaga,” katanya.
Dikatakan, pembentukan kaukus Sumatera akan didorong agar berperan mensinergiskan kerja-kerja koordinasi lebih luas dengan membawa isu bersifat lokal provinsi, tapi kebijakan lintas batas antar wilayah se-Sumatera.
“Kaukus ini akan mendorong pemerintah menyelesaikan pembangunan infrastruktur di kawasan Sumatera dan mengkoneksikan dengan daerah-daerah yang belum terkoneksi,”tuturnya.
Dia menambahkan, pertemuan memberikan sejumlah gagasan, antara lain mendorong pemerintah dan pihak terkait mengintegrasikan pariwisata terpadu se-Pulau Sumatera, dengan menonjolkan potensi daerah masing-masing. Selain itu, membangun konektivitas dalam aspek transportasi baik darat, udara maupun laut.
“Kalo udara, sifatnya bagaimana membuat penerbangan lintas provinsi, bahkan berpeluang menggunakan airline sendiri yang dimiliki pemda. Dari jalur laut, membuka akses laut di seluruh Pulau Sumatera,” jelasnya.
Hal lain mengemuka dalam pertemuan ini adalah gagasan mendorong revisi ketentuan tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah sehingga dapat tercipta aturan yang dapat memaksimalkan potensi regional Sumatera dari ekonomi, infrastruktur dan pariwisata.
“Catatan penting lain bagaimana mendorong pemerintah agar dana bagi hasil sawit itu segera di follow up. Selain utang pemerintah yang harus dibayarkan tapi juga revisi undang-undang, karena jantungnya disitu,” tambahnya.
Selanjutnya, akan dilakukan tindak lanjut terkait pembentukan Kaukus ini diantaranya menyiapkan susunan kepengurusan dan hal lain yanag diperlukan. “Kita akan mengadakan pertemuan lanjutan untuk membahas hal tekhnis lain seperti proyeksi ke depan, struktur pengurusan, anggaran dasar/rumah tangga, tata tertib, agenda kerja dan lainnya,” tambahnya.
Sementara itu, Anggota DPD RI asal Jambi, M. Syukur mengatakan pengembangan kawasan Sumatera perlu didukung pencitraan yang baik. “Bagaimana menghidupkan pencitraan yang baik Sumatera ini. Seperti, hotel nya bagus, masyarakatnya yang ramah. Citra itu yang harus dibangun untuk kawasan Sumatera agar dapat bersaing ke kawasan wisata di daerah lainnya,” jelas Syukur.#duk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...