Warga Sepancar Sebut Bangunan Talud Tanpa Pondasi

5

Bangunan talud di RT 06 RW 03 Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Baturaja Timur, OKU, tidak disertai pondasi.

Baturaja, BP–Warga Kelurahan Sepancar Lawang Kulon bernama Sukandar menyebut jika bangunan talud yang dibangun di RT 06 RW 03 Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Baturaja Timur Ogan Komering Ulu (OKU) tidak disertai pondasi.

“Itu terlihat jelas bangunan talud tak ada pondasinya,” kata Sukandar kepada wartawan Minggu (3/1/2021).

Dengan tanpa pondasi, lanjut Sukandar, dipastikan bangunan talud diragukan kualitasnya. Secara logika bangunan tak ada pondasi mana mungkin kuat. “Kalau seperti itu bisa roboh,” tutur Sukandar singkat.

Sebelumnya bangunan talud pada saat reses beberapa bulan lalu direncanakan untuk pengendalian banjir sawah sepanjang 400 meter yang berlokasi di RT 06 RW 03 Kelurahan Sepancar Lawang Kulon Baturaja Timur.

“Iya, pada saat reses beberapa bulan lalu dia (Parwanto anggota DPRD OKU – red) menjanjikan akan membangun talud untuk keperluan masyarakat. Bangunan talud itu di RT 06 RW 03 sepanjang 400 meter, namun kenyataannya justru bangunan talud itu dialihkan,” ungkap Sukandar kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Sukandar menuturkan, talud yang semestinya untuk kepentingan masyarakat dalam pengendalian banjir sawah sekarang dialihkan ke arah Jalan Lintas Sumatera KM 12 yang masih masuk di RT 03 Kelurahan Sepancar.

“Kami selaku masyarakat RT 03 RW 06 merasa dibohongi oleh anggota DPRD OKU Parwanto karena tidak sesuai harapan warga saat janji reses,” kata Sukandar.

Hal yang sama di ungkapkan ilham warga setempat, jika talud yang dijanjikan anggota DPRD Parwanto itu ternyata dialihkan bukan dibangun untuk pengendalian banjir sawah namun dibangun ke Jalan Lintas Sumatera.

“Sangat kecewa karena janjinya saat reses untuk pengendalian banjir sawah tapi dibangun di tempat lain,” katanya, di Baturaja. #yan