Pipa Transmisi Air Milik Pemerintah Kolonial Belanda, Jadi Tugu PDAM Tirta Musi

34

BP/IST
Walikota Palembang, H. Harnojoyo menandatangani prastasti Tugu Eks Gate Valve, Rabu (30/12)

Palembang, BP

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang mendirikan tugu Eks Gate Valve sumber pengairan di PDAM Tirta Musi.

Tugu itu merupakan pipa transmisi tertua milik pemerintah kolonial Belanda yang dimiliki PDAM TIrta Musi Palembang. Tugu yang didirikan di halaman perusahaan tersebut memiliki ukuran transmisi 9300 mm CI, yang pertama digunakan pada tahun 1928 untuk pengisian tower di gedung Water Toren (Gedung air)  di Jalan Merdeka yang kini digunakan untuk gedung Walikota Palembang.

“Usia pipa transmisi itu sudah 92 tahun,” kata Walikota Palembang, H Harnojoyo, Rabu (30/12) usai melakukan penandatangan peresmian tugu tersebut.

Menurut Harnojoyo, pipa ini memiliki sejarah penting dalam upaya distribusi air bersih di Palembang, yang saat itu masih masa pemerintahan kolonial Belanda itu.

Baca:  Kisah Detik-detik Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Palembang

“Tugu ini untuk mengingat sejarah penting PDAM Tirta Musi Palembang ini. Dimana kinerja sistem pengairan pada waktu itu sudah mulai mengairi kehidupan masyarakat sekitar.

Maka dari itu nilai sejarahnya kita aplikasikan sebagai tugu yang diletakan di kantor PDAM Tirta Musi,” katanya.

Harnojoyo menambahkan, tugu ini diharapkan menjadi tonggak untuk lebih memacu kinerja pegawai PDAM sebagai perusahaan benefit lagi.

“Saya berharap melalui pengesahan RKAP (Rencana Kerja Anggaran Perusahaan) Tahun 2021, kita semua dapat bekerjasama dalam pencapaian target yang telah dicanangkan pada RKAP Tahun 2021 ini. Diharapkan kepada Direksi dan segenap Karyawan dan Karyawati Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi untuk terus melakukan inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Palembang,” katanya.

Baca:  KPZP Banyak Temukan Makam Bersejarah yang Memprihatinkan

Lanjutnya, atas kinerja PDAM Tirta Musi, Harnojoyo mengapresiasi atas pencapaian kerja keras dalam mengejar target di tahun 2020 ini.

“Saya harapkan kedepan PDAM Tirta Musi terus melakukan upaya-upaya guna menurunkan jumlah tingkat kehilangan air secara maksimal, sehingga sesuai dengan Rencana Bisnis Perusahaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang pada Tahun 2021. Mengenai realisasi kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi sampai dengan Tahun 2020 ini sudah cukup baik dalam meningkatkan pelayanan dari waktu ke waktu mengikuti pertumbuhan penduduk dan kenaikan taraf hidup masyarakat Kota Palembang,” ujarnya.

Baca:  Berdasarkan Bukti Arkeologi, Pusat Kerajaan Sriwijaya Tetap Berada di Palembang

Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya menambahkan, tahun ini pihaknya berhasil membukukan laba Rp 130 miliar dari target Rp 101 miliar.

“Ini juga hasil efisiensi sehingga kita bisa melampaui target. Tahun 2021 target kami adalah untuk menekan angka kehilangan air. Dengan melakukan langkah pencegahan agar hal serupa tidak terulang, salah satunya melakukan rehab, mulai dari perbaikan jaringan yang sudah berusia tua, pengecekan rutin dan menerapkan manajemen tekanan,” katanya.#osk